Selasa, 26 Juli 2011

Perhatikan Indikator ini Jelang AS Bayar Utang

Headline
INILAH.COM, New York - Pasar keuangan terus memfokuskan pandangan ke pusat kekuasaan Amerika di Washington. Sambil menunggu hasil negosiasi elit politik negara ini, ada baiknya perhatikan sejumlah indikator sebagai petunjuk bagaimana pasar bersiap-siap menghadapi kemungkinan Amerika gagal bayar utang.

Indikator yang patut diperhatikan dalam beberapa hari ke depan menjelang 2 Agustus 2011 adalah:

1. Surat utang: Perhatikan apa yang akan dilakukan China sebagai investor asing terbesar yang memegang surat utang pemerintah Amerika. Sejauh ini, negara ini masih tenang-tenang saja.

2. Harga emas: Belakangan ini harga emas naik tajam sebagai respon kekhawatiran pemodal akan kemungkinan gagal bayar Amerika. Tapi harus diingat bahwa ada sejumlah pembelian di pasar untuk kepentingan komersial, jd tidak murni kepanikan. Bagaimanapun tetaplah memeloti pergerakan harga logam mulia ini untuk beberapa hari ke depan.

3. Saham: Harga-harga saham, terutama di Wall Street, memberi respon jangka pendek. Tapi berkat kinerja Microsoft, IBM, dan Coca Cola indek Dow Jones beberapa kali naik. Analis pasar menduga kesepakatan akan dicapai tapi tetaplah berjaga-jaga dalam jangka pendek.

4. Reksa Dana: Cermati apa yang terjadi dengan investor ritel. Apakah ada yang melakukan penarikan, seperti yang terjadi beberapa hari ini di Amerika?

5. Mata Uang: nilai tukar juga memberi respon janga pendek saat ini. Penahisat investai menyarankan untuk membeli mata uang negara-negara yang bijak mengelola anggarannya. Pilihan jatuh kepada dolar Singapura, dolar Kanada, dolar Australia. real Brasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar