Jumat, 01 Juli 2011

PTBA bakal bentuk usaha patungan dengan Pusri untuk proyek gasifikasi batubara

PTBA bakal bentuk usaha patungan dengan Pusri untuk proyek gasifikasi batubara
JAKARTA. PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA) bakal membentuk usaha patungan (joint venture) dengan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri) untuk proyek gasifikasi batubara.

"Sekarang sedang proses feasibility studies (FS), diharapkan bisa selesai pertengahan 2012," ungkap Direktur Utama PTBA Sukrisno, Jumat (1/7).

Gasifikasi batubara tersebut dimanfaatkan untuk pabrik pupuk baru Pusri yang berlokasi di Tanjung Enim. Baik PTBA maupun Pusri belum memutuskan siapa yang akan menjadi mayoritas dalam usaha patungan tersebut. Adapun kebutuhan batubara untuk proyek yang ditargetkan berjalan tahun depan ini sebesar 1,6 juta ton.

Selain proyek gasifikasi, PTBA juga akan menjadi pemasok batubara bagi Pusri selama 20 tahun ke depan. Pasokan tersebut akan digunakan untuk
unit pembangkit listrik dan steam berbahan bakar batubara Pusri.

"Kalau sudah berjalan normal, nantinya pasokan sebesar 1 juta ton per tahun. Pasokan ini berjalan mulai 2013 dengan 200.000 ton per tahun dulu. Baru pada 2016 ditingkatkan menjadi 1 juta ton per tahun selama 20 tahun," imbuh Sukrisno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar