Kamis, 07 Juli 2011

UNTR Akuisisi Saham Bukit Enim Senilai US$21 Juta

Headline
INILAH.COM, Jakarta - PT United Tractors Tbk (UNTR) melalui anak usahanya, PT Pamapersada Nusantara, resmi mengakuisisi 20% saham Bukit Enim Energi senilai US$20 juta. Aksi korporasi ini dilakukan pada 4 Juli 2011.

"Iya betul, akusisi itu oleh Pamapersada. Hanya 20 persen, akuisisi kecil nilainya hanya US$20 juta," ujar Investor Relations United Tractors Ari Setyawan kepada INILAH.COM di Jakarta, Kamis (7/7).

Ia melanjutkan, akuisisi tersebut dilakukan pada 4 Juli 2011 dengan menggunakan dana hasil penawaran saham terbatas (rights issue) yang dilakukan United Tractors beberapa waktu lalu. "Cadangan batu bara di tambang itu 110 juta ton dengan kadar 4.500-6.000 kilo kalori, medium-high," ujarnya.

Sekedar informasi, rights issue United Tractors menghasilkan dana sebesar Rp6,07 triliun dan seperti yan diberitakan sebelumnya bahwa perseroan akan menggunakan sebagian dana tersebut untuk mengakuisisi beberapa tambang batu bara.

Dengan adanya akuisisi ini, mempermudah langkah Pamapersada untuk menggarap proyek di wilayah pertambangan yang terletak di wilayah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Pasalnya, Bukit Enim Energy merupakan pemegang konsensi pertambangan di wilayah tersebut. Rencananya, tambang ini akan mulai berproduksi dalam dua tahun ke depan. Ari mengatakan, Muara Enim belum mengizinkan Pamapersada untuk menambah jumlah saham yang diakuisisinya. "Mereka belum mengizinkan untuk menaikkan jumlah saham," ujarnya.

Selain itu, United Tractors tengah mengincar satu tambang batu bara untuk diakuisisi. Ari mengatakan, perseroan menargetkan akuisisi tersebut tuntas pada Juli ini. "Tambang batu baranya ada di Kalimantan Tengah, tapi kami belum bisa disclose karena masih tahap penyelesaian," tandasnya.

Sebelumnya, pada 2010, United Tractors juga telah merampungkan akuisisi dua tambang batubara, di Kalimantan Tengah. Yakni PT Asmin Bara Barang dan PT Asmin Bara Jasa. Dua tambang itu memproduksi batubara dengan kalori 6.300 Kcal/Kg, dengan total cadangan 40 juta ton. Jika rencana akuisisi tambang benar-benar tuntas pada Juli 2011, berarti United Tractors telah mengoperasikan total lima tambang batubara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar