Senin, 07 November 2011

Dua Bursa Jepang Negosiasi Tahap Akhir Merger

Medium
INILAH.COM, Jakarta - Tokyo Stock Exchange (TSE) dan Osaka Securities Exchange (OSE) sedang melakukan negosiasi tahap akhir untuk merger dan diperkirakan akan resmi bergabung pada musim gugur 2012.

Hal ini dilaporkan surat kabar Nikkei Senin (7/11) seperti dikutip Reuters.

Dalam satu skenario yang mungkin sedang dibahas, TSE pertama akan menjadi pemegang saham mayoritas OSE lewat penawaran tender publik. "Keduanya kemudian akan menggabungkan operasi dan OSE akan tetap terdaftar sebagai entitas yang dipertahankan," kata surat kabar itu.

Pembicaraan penggabungan kedua bursa telah dimulai pada Maret dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing di tengah kondisi pasar saham yang melemah di Jepang dan gelombang merger dan aliansi antara bursa global. Keduanya memiliki kekuatan yang saling melengkapi, dengan kontrol bursa Tokyo lebih dari 90 persen dari volume perdagangan saham di Jepang dan OSE pemain teratas dalam indeks berjangka Nikkei dan turunan lainnya.

Kepala TSE, Atsushi Saito, awalnya mengatakan ingin listed sebelum merger, mengatakan kepada Reuters bulan lalu untuk menghindari initial public offering (IPO) dapat mempercepat proses. "Dari sudut pandang pemegang saham TSE, mereka menginginkan listed, apakah langsung atau konsolidasi," ujar Saito dalam sebuah wawancara.

Dua proposal yang sedang dibahas akan mengatur maksimum saham yang akan dibeli dalam penawaran tender 50,01 persen atau 66,6 persen. Kedua perusahaan akan membuat perusahaan induk dan empat unit yang mengkhususkan diri untuk cash product, future trading, settlement dan self regulation.

Saito diperkirakan akan menjadi CEO perusahaan baru, sementara Kepala OSE Michio Yoneda akan menjadi chief operating officer.

Baik TSE dan OSE belum mengeluarkan pernyataan apa-apa yang telah diputuskan. Saito dan Yoneda akan segera bertemu untuk melakukan diskusi yang fokus pada masalah merger.

Kedua pihak belum mencapai konsensus terkait nilai TSE tetapi tampaknya memiliki kemajuan yang dibuat pada titik ini. Nilai pasar TSE diperkirakan akan ditetapkan di 1,5 sampai 2 kali OSE, senilai 98,5 miliar yen (US$1,3 miliar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar