Selasa, 22 November 2011

Wah, indeks acuan Asia melanjutkan penurunan di hari keenam

Wah, indeks acuan Asia melanjutkan penurunan di hari keenam
TOKYO. Bursa Asia masih melanjutkan penurunan hingga sore ini. dengan demikian, indeks acuan di kawasan regional ini sudah turun selama enam hari berturut-turut. Pada pukul 16.00 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,1% menjadi 112,23.

Sebelumnya, indeks acuan di kawasan regional ini sudah enam kali keluar masuk zona hijau dan merah. Delapan dari sepuluh sektor yang ditransaksikan pada indeks MSCI Asia mencatatkan penurunan. Selain itu, dari setiap lima saham yang turun, hanya ada satu saham yang naik.

Indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang turun 0,4% dan indeks Hang Seng Hongkong turun 0,6%. Sedangkan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,7% dan indeks Kospi Korea Selatan berhasil naik 0,3%.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: James Hardie Industries SE turun 1,5% di Sydney, China Resources Land Ltd turun 2,2% di Shanghai, dan Osaka Securities Exchange Co yang naik 4,6% di Tokyo. Sementara, OneSteel Ltd anjlok 11% di Australia.

Penurunan bursa Asia ini terjadi setelah kongres supercommittee AS gagal menemui kata sepakat mengenai pemangakasan defisit anggaran di negaranya.

"Investor sedikit gusar dengan para politisi secara umum. Politisi berada di balik pergerakan kurva. Kualitas bisnis akan dilanda aksi jual tanpa alasan yang jelas. Dan Anda harus melihat kesempatan sekecil apapun yang ditemui. Pasar saham akan mendapat tekanan sulit," papar Prasad Patkar dari Platypus Asset Management Ltd di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar