Jumat, 30 Maret 2012

Bursa Eropa Dapat Peluang Penguatan

Medium
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa pada perdagangan Jumat (30/3/2012) menguat dengan aksi beli saham murah setelah turun tajam dalam tiga sesi perdagangan.

Pasar juga melakukan spekulasi dengan pertemuan menteri keuangan Uni Eropa (UE) yang diperkirakan akan menyetujui peningkatgan dana talangan dalam pertemuan hari ini. Dalam tiga hari perdagangan, indeks telah jatuh 2,7%.

Indeks FTSE naik 0,3% ke 5.759, indeks CAC naik 0,7% ke 3.406 dan indeks DAX naik 0,6% ke 6.920. Saham sektor pertambangan menjadi penopang kenaikan. Hal ini dimotori saham Rio Tinto naik 1,5% dan Xstrata naik 0,7%. Namun karena perdagangan akhir pekan, pasar tetap hati-hati dengan prospek Eropa untuk beberapa pekan ke depan. Demikian mengutip cnbc.com.

"Semua pasar Eropa telah jatuh sejak masuk 2012, kecuali indeks DAX yang masih bisa naik 0,6%. Rata-rata mengalami penurunan dalam 50 hari perdagangan," kata Aurel BGC, analis dari Gerard Sagnier.

Namun, Aurel menambahkan, kenaikan indeks tidak dapat terjadi dalam waktu singkat saat ini. Secara teknis harus menunggu tahapan konsolidasi yang baru saja dimulai pada pekan ini.

Hari ini, Eurogroup akan melakukan pertemuan di Kopenhagen. Pasar memperkirakan akan didominasi masalah besar soal keuangan di negara Eropa. Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble mengatakan bahwa zona euro tidak harus mengumpulkan dana hingga 800 miliar euro. Namun ada juga yang memperkirakan menteri keuangan Uni Eropa akan meningkatkan dana gabungan untuk mendukung dana talangan hingga 940 miliar euro.

Selain itu, pasar juga akan mencermati langkah PM Spanyol, Mariano Rajoy dalam mengatasi masalah anggaran setelah menang pemilu pada tahun lalu. Pemerintahannya akan menghadapi tekanan domestik dengan kebijakan penghematan dan juga tekanan dari dunia internasional untuk menurunkan beban defisit anggaran.

Bursa Asia lebih cenderung melemah seperti indeks Hang Seng turun 0,4%, indeks Nikkei turun 0,3%, indeks Shanghai naik 0,2%, indeks ASX turun 0,06%, indeks Kospi turun 0,02%, indeks STI naik 0,3%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar