Jumat, 30 Maret 2012

Indeks acuan Asia bergerak mixed sore ini

Indeks acuan Asia bergerak mixed sore ini
TOKYO. Mayoritas saham yang diperdagangkan di bursa Asia mencatatkan kenaikan pada sore ini. Pada pukul 16.09 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1% menjadi 126,65. Dalam setiap lima saham yang naik, terdapat empat saham yang turun.

Sementara itu, indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,5%, indeks S&P/ASX 200 China naik 0,5%, indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,1%, dan indeks Kospi Korea Selatan tak banyak mencatatkan perubahan. Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang ditutup turun 0,3%.

Saham-saham yang pergerakannya turut mempengaruhi bursa Asia antara lain: Industrial & Commercial Bank of China Ltd anjlok 13% di Hong Kong, Fanuc Corp turun 2,9% di Tokyo, dan Sun Hung Kai Properties Ltd melorot 13% di Hong Kong.

Sejumlah faktor turut mempengaruhi pergerakan bursa Asia. Di antaranya adalah data manufaktur Jepang yang turun di luar ekspektasi pasar. Selain itu, saat ini, pasar juga menunggu data pendapatan dan anggaran belanja AS.

"Terdapat penyesuaian di pasar terkait kenaikan indeks pada tiga atau empat bulan lalu," papar Andrew Pease, chief strategist Russel Investment Group.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar