Senin, 05 Maret 2012

Inilah Menu Saham Pilihan Awal Pekan

INILAH.COM, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak pada kisaran 3.939-4.040, dengan sentimen Eropa dan kenaikan harga BBM bersubsidi masih membayangi lantai perdagangan awal pekan ini.

Pengamat pasar modal David Cornelis mengungkapkan, sentimen dari luar negeri datang dari kebijakan baru yang diarsiteki oleh “Merkola” (Merkel, Sarkozy, Lagarde) diharapkan menjadi “dinding Berlin” alias penangkal yang tangguh untuk mencegah terjadinya potensi penyebaran krisis lebih lanjut.

"Tentang kontrol anggaran oleh 25 negara anggota Uni Eropa yang berkomitmen menjaga anggaran agar seimbang, serta defisit struktural dibatasi sebesar 0,5 persen dari GDP (Produk Domestik Bruto/PDB), kecuali Inggris dan Ceko," ungkap David kepada INILAH.COM di Jakarta, Minggu (4/3/2012).

Ia melanjutkan, pertumbuhan 17 negara pengguna euro tahun ini akan berkontraksi 0,3%. Sementara 27 negara Uni Eropa tidak akan mencatatkan pertumbuhan tahun ini. Perekonomian Uni Eropa berkontribusi 1/5 dari total perekonomian dunia saat ini.

"Di lain sisi, kabar baik terbaru datang dari Bank Sentral Eropa pada 29 Februari lalu yaitu pengucuran dana murah putaran 2 sebesar 530 miliar euro. Lebih banyak dari putaran pertama 489 miliar euro," ujarnya.

Sedangkan sentimen dari dalam negeri masih berasal dari rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi, sebagai imbas dari krisis Timur Tengah yang memicu kenaikan harga minyak dunia. Ia mengatakan, aksi jual yang dilakukan investor asing akibat belum adanya kepastian rencana pemerintah tersebut hanya bersifat sementara. Pasalnya, Indonesia telah mengantongi peringkat investasi (investmens grade) serta memiliki fundamental yang baik.

"Jika terjadi kenaikan harga BBM bersubsidi maka tertutuplah peluang Bank Indonesia untuk menurunkan BI rate lebih lanjut. Padahal bulan Februari lalu, BI sudah memberi sinyal akan turun lagi menuju 5 persen. Tentunya ini berdampak secara umum ke makro ekonomi dan perusahaaan serta saham perbankan, infastruktur, dan barang-barang konsumsi," jelasnya.

Dengan adanya sentimen-sentimen tersebut, ia memperkirakan IHSG pada perdagangan Senin (5/3/2012) akan kembali menembus level psikologis untuk yang ke-9 kalinya pada tahun 2012 ini. "Dengan hanya 5 kali yang berhasil ditutup di atas level psikologis 4.000. IHSG akan bergerak pada kisaran 3.939-4.040," tutur David.

Adapun saham-saham yang bisa dikoleksi untuk hari ini berdasarkan rekomendasi David adalah saham Adaro Energy (ADRO), saham Bank Danamon (BDMN), saham Indofood Sukses Makmur (INDF), saham Mitra Adiperkasa (MAPI), saham Holchim Indonesia (SMCB), saham Telekomunikasi Indonesia (TLKM), dan saham United Tractors (UNTR). "Stocks pick untuk hari ini ADRO, BDMN, INDF, MAPI, SMCB, TLKM, UNTR," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar