Senin, 13 Februari 2012

Wah, harga emas kembali menanjak

Wah, harga emas kembali menanjak
SINGAPURA. Harga kontrak emas dunia menanjak pada transaksi pagi ini. Harga emas di pasar spot, misalnya, naik 0,7% menjadi US$ 1.734,57 per troy ounce. Pada pukul 12.00 waktu Singapura, harga emas di pasar spot ditransaksikan pada posisi US$ 1.728,30 per troy ounce. Sementara, harga kontrak emas untuk pengantaran April naik 0,3% menjadi US$ 1.730,20 per troy ounce di Comex, New York.

Harga emas naik terpicu sentimen Yunani. Seperti yang diketahui, Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos memenangkan persetujuan parlemen untuk melakukan penghematan anggaran negara. Dengan demikian, Yunani bisa mendapatkan dana talangan kedua dari internasional untuk membayar utang obligasinya yang jatuh tempo 20 Maret mendatang. Hal tersebut yang menyebabkan posisi euro menguat dan dolar AS melemah.

"Yunani sudah menyetujui kebijakan penghematan. Saat ini, investor kembali mengalirkan dananya ke kawasan euro," jelas David Lennox, analis Fat Prophets di Sydney.

Catatan saja, pada 10 Febuari lalu, harga emas di pasar spot turun 0,4% menjadi US$ 1.722 per troy ounce. Penurunan terjadi setelah Menteri Keuangan Eropa menunda penggelontoran dana bailout bagi Yunani. Hal itu memangkas prospes pertumbuhan ekonomi global dan permintaan komoditas dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar