Senin, 09 April 2012

Secara teknikal, indeks masih berpotensi menguat

JAKARTA. Data-data negatif mempengaruhi pergerakan bursa global. Sejumlah analis menilai, hal tersebut juga akan memengaruhi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan, hari ini (9/4).

Data-data yang kurang kondusif untuk pergerakan IHSG pada awal pekan ini adalah data non-Farm Payrolls bulan Maret yang hanya tercatat penambahan lapangan kerja sebanyak 120.000 orang. Angka ini di bawah ekspektasi ekonom sebelumnya. Sementara, dari Eropa, ada sentimen kenaikan yield obligasi Spanyol.

Namun secara teknikal, Edwin Sebayang, Kepala Riset MNC Securities malihat, chart harian IHSG membentuk pola White Candle yang mengindikasikan bullish reversal.

"IHSG akan bergerak di range 4.127-4.189 dengan potensi masih adanya penguatan," prediksi Ewdin, Senin (9/4). Untuk trading hari ini, Edwin merekomendasikan saham ITMG, BJBR, TOTL, BBCA, ADHI, dan BMRI.

Pengamat Pasar Modal, Jimmy Dimas Wahyu menyampaikan, pergerakan IHSG masih bisa bullish jika bisa bertahan di level 4.000-4.100.

Jimmy pun menganalisa secara historikal, di mana selama tujuh tahun belakangan, return yang dicapai IHSG pada bulan Maret akan menentukan pergerakan IHSG selama setahun ke depan.

"Bulan Maret ini, IHSG masih memberikan return positif. Masih menjadi tanda tanya, apakah hal ini bisa berlanjut sampai akhir tahun, sesuai dengan historikal tahun-tahun sebelumnya," urai Jimmy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar