Senin, 09 April 2012

Harga minyak kembali ditransaksikan melandai

Harga minyak kembali ditransaksikan melandai
HONG KONG. Harga kontrak minyak kembali mencatatkan penurunan pada awal pekan ini. Dengan demikian, harga minyak sudah turun selama tiga hari belakangan. Pagi tadi, harga minyak untuk pengantaran Mei turun US$ 1,28 menjadi US$ 102,03 per barel di New York Mercantile Exchange. Pada pukul 07.28 waktu Hong Kong, kontrak yang sama berada di level US$ 102,18 per barel.

Pada 5 April lalu, harga kontrak minyak ditutup pada posisi US$ 103,31 sebarel. Dengan demikian, sepanjang tahun ini, kenaikan harga minyak sudah mencapai 3,4%.

Penurunan harga minyak terjadi seiring kecemasan bahwa permintaan minyak akan menurun setelah penambahan lapangan kerja di Negeri Paman Sam lebih sedikit ketimbang produksi pada bulan lalu. Hal itu memberikan sinyal perlambatan ekonomi di negara konsumen terbesar dunia itu.
Sementara itu, harga kontrak minyak jenis Brent untuk pengantaran Mei turun US$ 1,13 atau 0,9% menjadi US$ 122,30 per barel di ICE Futures Europe Exchange London.

Sekadar informasi, sepanjang Maret lalu, jumlah penambahan lapangan kerja AS hanya mencapai 120.000 saja. Ini merupakan yang terendah dalam lima bulan terakhir. Sedangkan estimasi sejumlah analis yang disurvei Bloomberg mematok angka 205.000 lapangan kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar