Selasa, 21 Juni 2011

Secercah Asa Atas Yunani, Bangkitkan Bursa Asia

Headline
INILAH.COM, Sydney – Saham Asia naik pertama kali di lima hari perdagangan. Kekhawatiran default Yunani mereda setelah Jean-Claude Juncker, pemimpin mentri keuangan area euro, mengindikasikan solusi untuk krisis akan ditemukan.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 1,3% menjadi 130,63, penguatan terbesar sejak 31 Mei, dengan sekitar tiga saham naik untuk setiap yang turun.

"Seluruh pasar oversold dan melonjak atas petunjuk bahwa salah satu masalah berat di pasar mungkin akan mendapat resolusi," kata Prasad Patkar, analis di Platypus Asset Management Ltd, Sydney. "Yunani bisa dibilang masalah yang terbesar, karena kemampuannya memicu kerusakan parah pada pasar."

Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,1%, indeks S & P / ASX 200 Australia naik 1,3% dan indeks hang Seng di Hong Kong naik 1,2%.

Indeks Kospi Korea Selatan naik 1,4%. Indeks menguat didukung saham perbankan, setelah Daewoo Securities Co mengatakan bahwa pertumbuhan kredit di negara ini dapat meningkat pada semester dua dan bahwa saham perbankan "undervalued." Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 naik 0,4% hari ini. Di New York kemarin, indeks naik 0,5% menjadi 1,278.36.

Juncker, kepala kelompok wilayah euro-menteri keuangan, mengatakan Perdana Menteri Yunani George Papandreou meyakinkannya, bahwa pemerintah akan melakukan segala sesuatu yang diperlukan untuk memastikan pengiriman bantuan keuangan dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional.

Papandreou menghadapi mosi tidak percaya di parlemen hari ini, yang menentukan apakah Yunani menjadi negara area euro pertama yang mengalami default. Para pemimpin Uni Eropa bersikeras Yunani mendapat dukungan dari multi-partai untuk langkah-langkah penghematan yang merupakan kondisi bantuan untuk menghindari default paling tidak bulan depan.

"Yunani akan didukung oleh negara-negara Eropa pada akhirnya," kata Kenichi Hirano, manajer umum dan strategi di Tachibana Securities Co di Tokyo. "Kita akan menghindari skenario terburuk."

BHP Billiton Ltd (BHP), perusahaan tambang terbesar dunia, dengan hampir seperlima penjualan berasal dari Eropa, naik 1,6% di Sydney, karena naiknya harga minyak mentah. Rio Tinto Group, perusahaan tambang yang mendapat 14% total pendapatan dari Eropa, naik 1,7%. PetroChina Co, produsen minyak terbesar di China, naik 1,8% di Hong Kong.

Minyak mentah untuk pengiriman Juli naik 0,3% di New York kemarin, dan naik 1,1% hari ini sebelum mereda menjelang mosi tidak percaya di Yunani dan pertemuan dua hari Federal Reserve AS yang dimulai hari ini di Washington.

The Fed mengatakan akan menyelesaikan pembelian obligasi US $ 600 miliar, yang dikenal sebagai QE2 untuk pelonggaran kuantitatif putaran kedua, akhir bulan ini. kebanyakan ekonom berharap Ben Bernanke menjaga neraca keuangan pada level saat ini hingga Oktober dan sesudahnya.

Honda Motor Co, produsen mobil terbesar keempat dunia dari nilai pasar, naik 1,1% di Tokyo, setelah pelemahan yen mendorong prospek pendapatan eksportir Jepang. Pelemahan yen meningkatkan nilai pendapatan perusahaan Jepang di luar negeri bila dikonversi ke dalam mata uang mereka.

Toyota, pembuat mobil utama dunia, naik 0,9%. Nissan Motor Co, penjual mobil Jepang kedua di Eropa setelah Toyota, naik 3,1%, setelah Daiwa Securities menaikkan rating saham menjadi beli. TDK Corp, produsen elektronik yang mendapat 15% total pendapatan dari Eropa, naik 3,3%.

Foster Group Ltd (FGL), bir terbesar Australia, melonjak 13% di Sydney setelah menolak tawaran pengambilalihan.

Di Seoul, KB Financial Group Inc, pemilik bank terbesar Korea Selatan, naik 5,4%, setelah Daewoo Securities mengatakan pertumbuhan kredit akan membaik. Shinhan Financial Group Co naik 4,4%. Industrial Bank of Korea, yang memberi pinjaman pada perusahaan kecil dan menengah, naik 4,3%.

Hanjin Heavy Industries & Construction Co, galangan kapal, naik 4,7% setelah Daewoo menaikkan peringkat saham menjadi beli, dan mengatakan penghasilan dan pesanan mungkin akan meningkat di semester dua.

Beberapa saham lain yang menguat antara lain, Aeon Co naik 3,8% di Tokyo. Kubota Corp, pembuat peralatan pertanian yang menunda perkiraan pendapatan karena kerusakan gempa Jepang terburuk, naik 2,9%, setelah mengatakan laba bersih setahun penuh akan naik 9,4%. Di Hong Kong, Hengan International Group Co, produsen produk kebersihan pribadi, naik 2,2% setelah Yuanta Financial Holding Co menaikkan rating saham menjadi beli. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar