Selasa, 21 Juni 2011

Wintermar Raih Pinjaman US$18 Juta

Headline
INILAH.COM, Jakarta - PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) telah menandatangani pinjaman 9 tahun dengan DEG -Deutsche Investitions-und Entwicklungsgesellschaft mbH – lembaga pembiayaan pembangunan asal Jerman senilai US$18 juta untuk mendanai rencana ekspansi armada tahun 2011.

Pinjaman tersebut akan digunakan untuk mendanai 3 kapal pendukung lepas pantai pada segmen higher value. DEG, anak perusahaan KfW Bankengruppe adalah salah satu lembaga pembiayaan pembangunan terbesar di Eropa. DEG melakukan investasi pada proyek-proyek menguntungkan yang berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di semua sektor ekonomi, dari agribisnis hingga infrastruktur dan manufaktur sampai jasa-jasa.

Sejak IPO pada Nopember tahun silam, WINS telah menerima 1 unit Fast Utility Vessel, 2 unit Anchor Handling Tug Supply, 1 Utility Vessel dan pada bulan Juni diharapkan diterima 1 unit Fast Utility Vessel dan 1 unit Utility Vessel, sementara 6 kapal lain termasuk 1 unit Heavy Load Barge, 1 unit Fast Utility Vessel dan 1 unit Achor Handling Tug diharapkan diterima dalam 1 sampai 3 bulan ke depan.

Managing Director WINS, Sugiman Layanto mengatakan seperti disebutkan pada Public Expose tanggal 7 Juni 2011, salah satu aspek strategi bisnis perseroan adalah mengidentifikasi dan bekerjasama dengan key international partners dalam memperoleh pendanaan jangka panjang untuk ekspansi usaha. "Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan DEG yang memiliki fokus utama pada pembangunan dan telah memberikan pendanaan jangka panjang kepada sektor swasta di Indonesia sejak tahun 1972. Kami yakin bahwa dengan dukungan dari DEG kami mampu memasuki pasar kapal-kapal pendukung lepas pantai yang bernilai lebih tinggi dengan menawarkan kapal berteknologi tinggi disertai dengan layanan yang lebih berkualitas kepada klien-klien kami.”

Hans-Juergen Hertel, Direktur DEG Jakarta, mengatakan DEG senang dan bangga dapat menggandeng WINS yang kuat secara finansial dengan manajemen yang unggul dan memiliki track record yang baik. Melalui pemberian kredit ini, DEG turut mendukung tujuan pemerintah Indonesia yang secara berkelanjutan memperbaiki sektor transportasi/pelayaran yang sangat vital untuk negara dengan lebih dari 13.000 pulau ini. Jasa pelayaran lepas pantai yang dijalankan oleh WINS mendukung salah satu sektor kunci (minyak dan gas) pada perekonomian Indonesia dan oleh sebab itu sangat penting bagi pembangunan negara.

WINS saat ini sedang aktif melakukan tender 42 proyek yang berbeda pada segmen-segmen kapal mid dan high-tier. Jangka waktu kontrak berkisar 1 bulan sampai dengan 11 tahun karena proyek-proyek ini terdiri dari tahap eksplorasi hingga tahap produksi. Hal ini menunjukkan permintaan yang tinggi atas kapal-kapal pendukung lepas pantai dalam beberapa bulan terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar