Senin, 09 April 2012

Bantu Atasi Krisis, Polisi Yunani Bisa Disewa 30 Euro/Jam

Athena - Yunani yang sedang dilanda krisis ekonomi kini punya cara baru yang tidak biasa untuk meraup pendapatan dan mengurangi beban negara. Negeri dewa-dewi itu menyewakan para polisinya dengan tarif 30 euro per jam, plus 10 euro jika ingin tambahan mobil patroli.

Menteri Perlindungan Masyarakat Yunani dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari AFP, Senin (9/4/2012), menyatakan dana yang dihasilkan dari para polisi ini akan digunakan untuk menutupi beban operasionalnya sekaligus mengembangkan infrastruktur hukum di negara tersebut.

Jasa polisi tersebut digunakan pada situasi khusus, seperti mengawal pengiriman barang berharga, seperti uang atau barang antik, yang sebelumnya jasa seperti itu tidak dipungut biaya alias gratis.

Tapi itu dulu, saat masa krisis seperti sekarang ini, jasa polisi seperti itu tak lagi cuma-cuma. Bahkan, tarif per jam untuk kapal patroli bisa mencapai 200 euro, dan helikopter 1.500 euro, berdasarkan surat kabar lokal Proto Thema yang dikutip AFP.

Menteri tersebut mengatakan, jasa-jasa keamanan tersebut akan diberikan selama tidak menganggu kegiatan operasional polisi sekaligus keamanan lingkungan.

Seperti diketahui, Yunani saat ini terlilit utang senilai lebih dari 350 miliar euro (Rp 4.200 triliun). Yunani juga sudah dua kali diberi bantuan dana talangan dari Uni Eropa dan International Monetary Fund (IMF) supaya tidak bangkrut.

(ang/ang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar