Kamis, 29 Maret 2012

Sektor energi menyeret Wall Street ke zona merah

Sektor energi menyeret Wall Street ke zona merah
NEW YORK. Bursa AS ditutup di zona merah tadi malam. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 turun 0,5% menjadi 1.405,54. Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,5% menjadi 13.126,21.

Saham-saham yang pergerakannya turut mempengaruhi Wall Street antara lain: Exxon Mobil Corp dan Occidental Petroleum Corp yang dilanda aksi jual seiring penurunan harga minyak dunia. Ada pula Caterpillar Inc dan Alcoa Inc masing-masing turun 0,2%. Sementara itu, secara sektoral, sektor finansial merupakan satu-satunya sektor di antara sepuluh sektor pada indeks S&P 500 yang menghijau.

Salah satu faktor yang mempengaruhi bursa AS antara lain: penurunan harga minyak dunia seiring tingginya cadangan minyak. Tidak hanya itu, data yang dirilis pemerintah AS menunjukkan kenaikan tingkat pemesanan barang-barang tahan lama lebih sedikit ketimbang prediksi.

"Sentimen pasar kembali dipengaruhi oleh data ekonomi yang dirilis pemerintah. Selain itu, pernyataan the Fed sebelumnya juga mengindikasikan bahwa ekonomi AS masih akan terguncang," papar James Paulsen, chief investment strategist Wells Capital Management.

Dia menambahkan, aksi jual Wall Street juga dipicu oleh penurunan saham-saham energi. "Setelah mencatatkan kenaikan besar di pasar, saat ini investor mencemaskan mengenai koreksi," paparnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar