Senin, 05 September 2011

BNBR akan bangun pabrik bahan peledak

BNBR akan bangun pabrik bahan peledak
JAKARTA. PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) tengah mempersiapkan pembangunan pabrik amonium nitrat. Pembangunan pabrik bahan peledak ini rencananya akan mulai dilaksanakan awal tahun depan.

Manajemen BNBR menghitung, pembangunan pabrik tersebut akan membutuhkan dana mencapai US$ 300 juta. "Kami akan bangun pabrik amonium nitrat di Kalimantan," kata Eddy Soepeno, Direktur Keuangan BNBR, beberapa waktu lalu.

BNBR akan memasukkan proyek pembangunan pabrik amonium nitrat ini dalam infrastructure fund yang saat ini masih disusun oleh perseroan ini. Nantinya, fund yang berisi beberapa proyek BNBR tersebut akan ditawarkan kepada investor yang berminat mendanai proyek tersebut.

Eddy tidak menyebutkan kapan infrastructure fund akan ditawarkan. Yang jelas, pembangunan pabrik bahan peledak ini ditargetkan bisa selesai dalam waktu 18 bulan sampai 22 bulan ke depan.

Eddy menuturkan, pembangunan pabrik amonium nitrat ini akan berguna bagi perusahaan terafiliasi BNBR yang bergerak di sektor tambang batubara. "Nanti akan digunakan untuk jadi bahan peledak di tambang-tambang milik BUMI dan BRAU, makanya lokasi pembangunan pabriknya di Kalimantan," jelasnya.

Selain mempersiapkan proyek pembangunan pabrik amonium nitrat tadi, BNBR saat ini juga tengah mempersiapkan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Tanjung Jati A. Nilai proyek ini mencapai US$ 2 miliar.

Saat ini BNBR telah memiliki kesepakatan kerjasama dengan perusahaan asal Korea Selatan, yakni Samsung C&T Corporation. Perusahaan milik Grup Bakrie ini juga tengah mencari investor lain dari Jepang. Dengan menggandeng investor Jepang, BNBR berharap bisa mendapat pendanaan dari institusi keuangan di negeri sakura tersebut.

Perusahaan finansial dan infrastruktur ini juga akan menggarap proyek pembangkit listrik berbahan bakar panas bumi senilai Rp 300 juta. Untuk menggarap proyek yang berlokasi di Flores ini, BNBR sudah menggandeng perusahaan asal Australia, yaitu Panax Geothermal Ltd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar