Senin, 05 September 2011

Anak usaha PLN incar dana Rp 300 miliar dari IPO

JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berniat melepas saham PT Prima Layanan Nasional Enjiniring ke publik. Rencana Initial Public Offering (IPO) perusahaan yang populer dengan nama PLN Enjiniring itu, terus digodok sang induk.

Perusahaan pengelola setrum ini telah menunjuk Mandiri Sekuritas sebagai penjamin emisi initial public offering (IPO) anak usahanya ini. "Memang kami tengah menyiapkan PLN Enjiniring untuk IPO," kata Nasri Sebayang, Direktur Perencanaan dan Teknologi PLN kepada KONTAN, dua pekan lalu.

Nasri memaparkan, PLN memilih PLN Enjiniring untuk melakukan IPO pertama karena perusahaan itu dianggap paling siap di antara anak perusahaan PLN yang lain. Namun Nasri masih enggan mengungkapkan detial IPO PLN Enjiniring, termasuk target perolehan dana.

Namun menurut seorang sumber KONTAN yang mengetahui rencana tersebut, PLN Enjiniring akan melepas sekitar 20% hingga 30% saham melalui IPO. "Target dana yang diincar berkisar Rp 300 miliar," tutur dia.

Target dana yang diincar PLN Enjiniring dalam IPO memang terbilang kecil. Maklum, aset perusahaan yang menyediakan jasa pengadaan dan konstruksi (EPC) ini masih tergolong kecil, yakni sekitar Rp 1 triliun.

Sumber KONTAN menyebutkan, perusahaan yang juga menyediakan jasa operasi, pemeliharaan dan konsultasi manajemen ini menargetkan bisa mulai memperdagangkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia akhir tahun ini.

Namun menurut Nasri, pihaknya belum menentukan waktu IPO anak usahanya tadi. "Nanti kami lihat dulu," sebutnya. PLN juga belum memberitahukan rencana tersebut ke Kementrian BUMN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar