Senin, 05 September 2011

Indeks acuan China terkapar ke level terendah dalam setahun terakhir

Indeks acuan China terkapar ke level terendah dalam setahun terakhir
SHANGHAI. Mayoritas saham di bursa China anjlok pada transaksi awal pekan ini. Kondisi itu bahkan menyebabkan indeks acuan Negeri Panda itu terseret ke level terendah dalam 14 bulan terakhir. Salah satu penyebabnya adalah pengetatan kebijakan perbankan China serta data tenaga kerja AS yang menimbulkan kecemasan kalau pertumbuhan ekonomi global akan tersendat.

Pada pukul 09.45 waktu setempat, Shanghai Composite Index turun 1,2% menjadi 2.498,54. Ini merupakan level terendah sejak Juli 2010. Sementara, indeks CSI 300 turun 1,2% menjadi 2.770,83.

Saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa China antara lain PetroChina Co yang sudah anjlok selama tujuh hari berturut-turut, Jiangxi Copper Co yang melorot lebih dari 1%, dan Shenzhen Development Bank yang turun 2%.

"Perlambatan ekonomi AS membuat investor menjadi pesimistis, sehingga menambah kecemasan terkait masalah domestik seperti inflasi. Pasar masih akan terus melemah dalam jangka pendek," jelas Zhang Han, strategist Guotai Junan Securities Co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar