Senin, 05 September 2011

Saham Eropa Senin (5/9) Bakal Dibuka Turun Tajam

Headline
INILAH.COM, London - Saham Eropa diperkirakan akan jatuh pada pembukaan Senin (5/9) dengan indeks DAX, FTSE dan CAC semua melemah lebih dari 1 persen akibar kekhawatiran masalah utang di zona euro.

Mengutip CNBC, kejatuhan tajam saham eropa ini mengikuti Wall Street Jumat dan di Asia hari ini di tengah kekhawatiran atas kesehatan ekonomi AS dan krisis utang zona euro. Selama pertemuan akhir pekan para politisi, ekonom dan pemimpin bisnis di Danau Como di luar Milan melihat langkah-langkah penghematan yang dilakukan Silvio Berlusconi sebesar 45 miliar euro ($63,45 miliar).

Menteri Ekonomi Italia Giulio Tremonti menggunakan pertemuan di Ambrosetti terhadap peringatan euro bond tanpa memiliki masalah kritis. "Komentar ini diikuti peringatan oleh Presiden Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet bahwa Italia harus mengikuti program penghematan, yang disetujui ECB dengan dukungan dari bank sentral di pasar obligasi.

"Ini adalah penting bahwa target itu diumumkan, di mana pengurangan defisit akan sepenuhnya dikonfirmasikan dan dilaksanakan," ujar Trichet.

Target program penghematan Berlusconi sangat penting, menurut mantan CEO UniCredit Alessandro Profumo. Berbicara dalam sebuah wawancara dengan harian Italia Corriere della Sera, Profumo memperingatkan bahwa Italia membutuhkan tambanhan 400 miliar euro untuk langkah-langkah penghematan untuk membuat rasio utang terhadap produk domestik bruto di bawah 100 persen.

ECB diperkirakan akan membicarakan pembelian obligasi Italia dalam pertemuan di Frankfurt minggu ini.

Dalam wawancara dengan CNBC pada hari Senin, mantan Kanselir Jerman Gerhard Schroeder mengatakan kepada Der Spiegel bahwa yang diperlukan "Amerika Serikat dari Eropa untuk menghindari krisis lebih lanjut adalah pemerintah harus menyerahkan kedaulatan nasional.

Komentar itu muncul akibat perdebatan di Jerman dalam pembicaraan antara pemerintah Yunani dan pejabat dari Uni Eropa, ECB dan Dana Moneter Internasional pada hari Jumat.
Christian Lindner, wakil pemimpin koalisi yunior Demokratik yang merupakan mitra Frre Democrat mengatakan rincian percakapan Troika dan Yunani merupakan pukulan bagi stabilitas euro dan mengklaim Athena lalai dalam tanggungjawabnya untuk menjaga penghematan.

Sebuah pengadilan Jerman akan memutuskan legalitas dari paket bailout Yunani pada Rabu. Pilkada selama akhir pekan untuk melihat dukungan ke Angela Merkel, koalisi tengah-kanan yang turun tajam, dengan oposisi Sosial Demokrat melompat.

Menteri Keuangan Yunani mengatakan Minggu bahwa pemerintah mempercepat reformasi struktural dan laporan yang miss bahwa telah terjadi gangguan dalam hubungan antara Athena dan pemberi pinjaman internasional. Pada Jumat pemerintah Yunani akan belajar berapa banyak investor swasta telah menandatangani kesepakatan untuk pertukaran utang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar