Senin, 05 September 2011

Awal Pekan, Bursa Asia Dibuka Tenggelam

Medium
INILAH.COM, Sydney – Bursa saham Asia tenggelam pada Senin (5/9), dipimpin saham keuangan dan eksportir. Laporan pekerjaan AS yang mengecewakan, menambah kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi global.

Indeks Nikkei Stock Average Jepang dan indeks Australia S & P / ASX 200 masing-masing turun 1,6%, sedangkan indeks Kospi Korea Selatan turun 2,1%.

Kinerja di Asia mengikuti pelemahan burda AS pada akhir pekan lalu, setelah laporan menunjukkan ekonomi terbesar di dunia ini gagal menambah pekerjaan baru pada Agustus.

Michael McCarthy, kepala strategi pasar di CMC Markets Sydney mengatakan, risk-aversion diperkirakan terjadi di seluruh Asia, karena keraguan tentang prospek pertumbuhan global dan investor yang gugup cenderung melepas saham untuk mencari aset yang lebih aman, seperti seperti emas dan obligasi. " Demikian dikutip dari Yahoo.com.

Saham-saham finansial merupakan pemain terburuk di awal perdagangan Asia. Saham Nomura Holdings Inc turun 3,1% di Tokyo karena unit AS yang menjadi salah satu dari 17 pemberi pinjaman untuk menghadapi gugatan pemerintah atas penjualan sekuritas berbasis mortgage menjelang krisis keuangan.

Saham keuangan seperti Mitsubishi UFJ Financial Group Inc turun 1,8% dan Shinsei Bank Ltd turun 3,4% dalam perdagangan Jepang, sementara Macquarie Group Ltd anjlok 3,2% dan Westpac Banking Corp turun 2,1% di Sydney.

Di Tokyo, saham teknologi merosot di tengah kekhawatiran ekonomi global dan penguatan yen. TDK Corp jatuh 3,1%, Fujitsu Ltd turun 2,3%, Ricoh Co Ltd kehilangan 2,9%, dan Sony Corp turun 2,5%.

Sedangkan di Korea, LG Electronics Inc turun 2,4%.

Saham energi merugi pada perdagangan Sydney, karena minyak mentah berjangka Nymex berada di bawah US$ 86 per barel, setelah turun 2,8% pada sesi Jumat di New York. Santos Ltd kehilangan 2,9%, dan Oil Search Ltd turun 2,2%.

Penambang emas Newcrest Mining Ltd anomali, dengan saham melonjak 1,8%, karena emas berjangka menuju US$ 1.888 per ounce. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar