Senin, 05 September 2011

Harga emas meroket, transaksi emas di BKDI melonjak selama Agustus

Harga emas meroket, transaksi emas di BKDI melonjak selama Agustus
JAKARTA. Reli harga emas yang berlangsung belakangan ini berimbas pada maraknya transaksi emas di bursa berjangka. Volume transaksi produk emas di Bursa Komoditas dan Derivatif Indonesia (BKDI) selama Agustus naik lebih dari 100%.

Selama hampir sebulan, per 25 Agustus 2011, volume transaksi produk GOLDID yang berbasis rupiah melonjak hampir tiga kali lipat menjadi 1.115 lot, dari bulan sebelumnya 418 lot. Sementara, volume transaksi GOLDGR naik 87% menjadi 1.652 lot, dari bulan sebelumnya sebesar 882 lot.

Kemudian, untuk produk GOLDUD yang menggunakan dollar AS, di periode yang sama naik 43% menjadi 8.157 lot, dari bulan sebelumnya 5.719 lot. Walaupun kenaikan volume transaksi bulanan GOLDUD tidak sesignifikan produk emas BKDI lainnya, namun volume transaksi hariannya sempat beberapa kali menembus di atas 1.000 lot per hari, pada Agustus kemarin.

Direktur Utama BKDI Megain Wijaya optimis, sampai akhir tahun nanti volume transaksi untuk ketiga produk emasnya bisa mencapai 2.000 lot per hari.

Menurut Megain, krisis yang melanda Amerika Serikat (AS) dan krisis perbankan yang melanda Uni Eropa secara bertubi-tubi, cenderung akan mengalihkan investor kepada emas. "Jika harga emas terus naik, tentunya minat investasi emas di bursa berjangka akan terkena imbas positif, ikut naik juga," ujarnya, Minggu (4/9).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar