Rabu, 19 Oktober 2011

Wall Street rebound, S&P 500 maju ke level tertinggi sejak Agustus

Wall Street rebound, S&P 500 maju ke level tertinggi sejak Agustus
NEW YORK. Pasar saham AS rebound karena terpicu optimisme penyelesaian krisis utang Eropa dan reli saham-saham perbankan. Bahkan, pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 ditutup bertengger di level tertinggi sejak 3 Agustus, setelah melejit 2% ke level 1.225,38. Sementara, indeks Dow Jones Industrial Average naik 1,6% ke posisi 11.577,05. Pasar terlihat cukup optimis setelah kanselir Jerman Angela Merkel menegaskan mengenai rencana rekapitalisasi Eropa. Kepala juru bicara Kanselir Jerman Angela Merkel menyebut, Perancis dan Jerman terlibat dalam pembicaraan intensif untuk meningkatkan dana Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa. Merkel berjanji akan membuat langkah penting untuk menyelesaikan masalah krisis pada pertemuan Uni Eropa, lima hari mendatang.

Wall Street juga menguat setelah Bank of America melaporkan kinerja laba yang melonjak di kuartal ketiga. Akibatnya, saham-saham keuangan berhasil reli signifikan, bahkan, saham Bank of America melejit hingga 10%. Saham sektor pengembang perumahan di S&P 500 juga melonjak 9,6% setelah data sentimen industri meningkat melebihi perkiraan.

Saham Caterpillar Inc. dan Alcoa Inc. berhasil reli setidaknya 3,9%. Chief investment strategist dari Raymond James & Associates Jeffrey Saut menilai, sektor perumahan tidak akan menjadi faktor yang menyeret ke dalam resesi. "Laba masih akan terlihat cukup bagus. Sesuatu telah terjadi di Eropa," ujarnya di Florida, semalam.

Sementara itu, Chief investment officer dari Harris Private Bank menyebut, laporan kinerja laba emiten mengalahkan ekspektasi yang lemah dari para investor. "Itu terjadi terutama pada Bank of America, mengingat setiap orang mengasumsikan yang terburuk. Ini bukanlah masalah, hanya soal menunggu waktu pulihnya industri," ujarnya di Chicago. Indeks S&P 500 diperkirakan akan naik sekitar 4% pada pekan ini, sebelum reli berakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar