Rabu, 19 Oktober 2011

Pekerja Yunani Mogok 48 Jam Tolak Penghematan

INILAH.COM, Athena - Serikat pekerja Yunani mulai aksi mogok umum selama 48 jam pada hari Rabu (19/10), protes terbesar dalam beberapa tahun terakhir, akibat parlemen bersiap untuk memberikan suara pada langkah penghematan baru yang dirancang untuk mencegah default yang bisa memicu krisis di zona euro yang lebih luas.

Reuters melaporkan Perdana Menteri George Papandreou membuat permohonan kepada partai PASOK yang berkuasa bahwa tugas mereka untuk mendukung langkah-langkah baru yang keras. "Kita harus bertekun dalam perang ini sebagai manusia, sebagai pemerintah, kelompok parlemen untuk memenangkan negara," kata Papandreou. "Kami akan menang bagi negara, kami akan bertahan. Itulah mengapa saya di sini."

Dukungan empat kursi kepada Papandreou diperkirakan akan cukup untuk memastikan kebijakan berjalan, terutama mengingat kemungkinan dukungan dari kelompok-kelompok oposisi yang lebih kecil.
Pekerja Yunani Mogok 48 Jam Tolak Penghematan

Aksi mogok akan menutup departemen pemerintah, bisnis, penyedia layanan publik dan bahkan kebutuhan dasar sehari-hari seperti toko-toko dan toko roti, yang berpuncak dalam demonstrasi massa di luar parlemen, yang mana bentrokan kekerasan pernah terjadi pada bulan Juni.

Yunani telah melakukan protes selama beberapa hari terakhir sebagai suksesi serangan kecil yang telah menumpuk sampah yang ditinggalkan di jalan-jalan Athena, menutup monumen wisata termasuk Parthenon dan departemen pemerintah, termasuk kementerian keuangan dengan spanduk.

"Kami akan mengirimkan pesan yang kuat kepada pemerintah dan sistem politik," kata Costas Tsikrikas, kepala sektor serikat publik terbesar Yunani, ADEDY, yang mengorganisir serangan dengan mitra sektor swasta GSEE. "Kami percaya partisipasi akan sangat besar," katanya.

Terperangkap dalam tahun ketiga dari resesi mendalam dan dicekik oleh utang publik sebesar 162 persen dari produk domestik bruto, di mana beberapa pihak sekarang percaya bahwa Yunani dapat membayar kembali, negara telah tenggelam lebih dalam ke dalam krisis, meskipun dosis penghematan diulang.

Para pemimpin Uni Eropa berusaha untuk mendefinisikan garis besar paket penyelamatan baru dalam pertemuan pada hari Minggu yang berharap untuk menyetujui langkah-langkah untuk melindungi sistem keuangan zona euro dari potensi default utang Yunani. Strategi ini mencakup langkah-langkah baru untuk mengurangi utang Yunani, penguatan modal bank dengan eksposur ke negara-negara zona euro yang dalam kesulitan dan mengambil keuntungan dari dana penyelamatan zona euro untuk mencegah penularan dari pasar untuk perekonomian yang lebih besar.

Papandreou berjanji untuk melawan tekanan dari jalanan dan membuktikan tekad Yunani untuk menyelamatkan diri. "Semua orang yang memeras dan mengangkat seluruh negeri, menduduki bangunan, mengisi jalan-jalan dengan sampah, menutup pelabuhan, Parthenon, harus menjelaskan kepada kita apakah ini membantu kita berdiri di atas kaki kita," katanya.
Pemberi pinjaman internasional, yang menyediakan dana yang diperlukan akan berada di Athena telah menyatakan kesabaran atas reformasi lambat seperti Yunani telah menyimpang dari target anggaran. Ada pembicaraan bahwa Athena harus ditempatkan di bawah pengawasan ketat oleh otoritas Uni Eropa untuk memastikan kepatuhan terhadap kewajiban reformasi.

Terjepit di antara protes rakyat yang meningkat terhadap pemotongan yang telah dipaksakan dan tuntutan Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional untuk tindakan yang lebih berat, dukungan Papandreou telah semakin tidak menentu. Meskipun pemerintah telah berulang kali mengesampingkan pemilihan umum lebih awal, banyak analis politik sekarang percaya bahwa jajak pendapat sekejap dapat diadakan beberapa waktu dalam beberapa bulan mendatang.

Papandreu telah bertemu Antonis Samaras, kepala partai Demokrasi Baru konservatif pada Selasa malam, namun gagal untuk menggalang dukungan menjelang pemungutan suara. Dia bertemu para pemimpin partai-partai oposisi yang lebih kecil pada hari Rabu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar