Rabu, 19 Oktober 2011

Wow! Euro Merajai Perdagangan di Asia

Wow! Euro Merajai Perdagangan di Asia
INILAH.COM, Singapura - Kurs euro menguat terhadap mayoritas uang utama di Asia menjelang pertemuan puncak pemimpin Uni Eropa pada akhir pekan ini.

Dolar dan yen melemah terhadap uang utama lainnya dengan kenaikan bursa saham Asia. Kurs won Korsel memimpin penguatan setelah perjanjian currency-swap dengan Jepang.

Penguatan euro juga didukung kabar Jerman dan Prancis akan meningkatkan kapasitas dana bailout hingga empat kali lipat untuk Eropa. "Mentalitas pasar adalah ingin sebuah kepercayaan bahwa kita akan melihat resolusi. Euro akan menemukan dukungan," kata dealer valas di CMC Markets, Tim Waterer di Sydney.

Euro menguat terhadap 17 mata uang lain hingga 0,5% menjadi US$1,3836 di London. Selain itu juga menguat 0,55 terhadap yen menjadi 106,13. Mata yang Jepang ini naik terhadap dolar menjadi 76,75 per dolar, seperti dikutip dari bloomberg.com.

Indeks dolar di IntercontinentalExchange Inc untuk mengukur greenback terhadap mata uang dari enam mitra dagang AS turun 0,5% menjadi 76,752. Indeks saham Asia naik 0,9% karena melemahnya mata uang dolar dan yen.

Pada akhir pekan ini, pasar menunggu keepakatan Uni Eropa terhadap rencana peningkatan kapasitas dana di Fasilitas Stabilisasi Keuangan Eropa daro 440 miliar euro atau senilai US$608 miliar menjadi 2 triliun euro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar