Jumat, 21 Oktober 2011

Yen Menguat Jelang KTT Uni Eropa

Headline
INILAH.COM, Singapura - Kurs yen Jepang menguat pada perdagangan Jumat (21/10) seiring dengan harapan investor terhadap hasil KTT Uni Eropa.

Yen diperdagangakan di level 105,89 per euro di London pada Jumat pagi ini dari 105,84 per euro di New York kemarin. Mata uang Jepang ini sedikit naik 0,6% ke 76,77 per US$. Yen naik 1,55 terhadap dolar Australia menjadi 78,86 per dolar Australia.

"Penguatan yen, saya pikir mencerminkan korelasi kekhawatiran yang mencermintkan risiko mata uang," kata Sacha Tihanyi, strategi valas Scotia Capital di Hong Kong.

Sementara dolar AS menjadi US$1,3794 per euro dari US$1.378 kemarin atau telah naik 0,6% pada pekan ini. Untuk kurs franc naik 1,2208 per euro dan naik 0,5% mejadi 88,9 sen per barel, seperti dikutip dari bloomberg.com.

Permintaan terhadap euro sangat terbatas sejak kemarin. Hal ini seiring dengan turunnya indeks kepercayaan bisnis Jerman pada bulan Oktober.

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy sepakat untuk meminta para pemimpin Uni Eropa menilai secara komprehensif dan serius terhadap paket bailout pada pertemuan kedua pada 26 Oktober mendatang.

"Setiap orang memantau pasar keuangan untuk mengetahui risiko menularnya krisis berpotensi cukup besar," kata anggota Dewan Bank Sentral Eropa (ECB), Erkkie Liikanen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar