Jumat, 21 Oktober 2011

Bursa Asia positif setelah pimpinan Eropa akan gelontorkan dana US$ 1,3 triliun

Bursa Asia positif setelah pimpinan Eropa akan gelontorkan dana US$ 1,3 triliun
TOKYO. Mayoritas indeks acuan di bursa Asia ditransaksikan melaju pagi ini. Sebut saja indeks Kospi Korea Selatan yang naik 0,9% dan indeks S&P/ASX 200 yang naik 0,3%. Sedangkan indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang tak banyak mengalami perubahan pagi ini.

Kondisi itu menyebabkan indeks MSCI Asia Pacific naik 0,2% menjadi 115,42 pada pukul 10.02 waktu Tokyo. Lebih dari separuh saham yang ditransaksikan di bursa Asia naik.

Saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Fanuc Corp yang naik 1,2%, National Australia Bank Ltd naik 1,1%, dan Newcrest Mining Ltd turun 0,6%.

Kenaikan bursa Asia pagi ini disebabkan sentimen positif dari Eropa. Pasalnya, pimpinan Eropa mempertimbangkan untuk menggelontorkan dana senilai US$ 1,3 triliun untuk mengatasi krisis utang di kawasan tersebut.

"Sepertinya pertemuan pimpinan Eropa mengalami kemajuan. Namun jalan masih panjang. Pasar masih akan rentan," jelas Stephen Halmarick, head of investment market research Colonial First State Global Asset Management.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar