Jumat, 21 Oktober 2011

Bursa Asia Menguat Jelang Pertemuan Eropa

Medium
INILAH.COM, Sydney – Bursa saham Asia membukukan keuntungan moderat pada awal perdagangan Jumat (21/10). Investor menyambut hati-hati pernyataan Perancis dan Jerman untuk memberikan rincian rencana penyelamatan zona euro beberapa hari mendatang.

Di Jepang, indeks Nikkei Stock Average naik 0,1%, sedangkan di Korea Selatan, indeks Kospi naik 0,9% dan di Australia, indeks S & P / ASX 200 naik 0,2%.

Saham Asia telah terkoreksi dalam kemarin, mengantisipasi pertemuan puncak pemimpin Eropa akhir pekan ini untuk rencana penyelamatan Eropa. Namun, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan akan memberikan respons yang komprehensif dan ambisius untuk krisis saat ini di kawasan euro.

Langkah-langkah akan dibahas Minggu (23/10) dan diadopsi pada pertemuan puncak kedua selambat-lambatnya Rabu.

Ahli strategi Barclays Capital mengatakan bahwa banyak ketidakpastian seputar KTT para pemimpin Eropa." Isu Kompleks tetap untuk Eropa, dan kami sarankan untuk hati-hati," katanya. Demikian menurut Yahoo.com.

Saham sektor keuangan Jepang sebagian besar menguat, dengan Sumitomo Mitsui Financial Group Inc naik 0,3%, Nomura Holdings Inc naik 1,4%, dan Daiwa Securities Group Inc naik 0,7%. Saham keuangan Australia juga meningkat, dengan Australia & New Zealand Banking Group Ltd naik 1% dan National Australia Bank Ltd naik 1%.

Perusahaan teknologi Jepang menguat, dengan Kyocera Corp naik 1% dan Fujitsu Ltd naik 1%. Musim laporan keuangan sektor teknologi berlanjut, dengan kinerja sektor raksasa Microsoft Inc sesuai estimasi, bahkan SanDisk Corp mengalahkan perkiraan Wall Street.

Sementara itu, saham TDK Corp naik 2,6%, sedangkan Showa Denko KK naik 2,9%. Baik TDK dan Showa Denko turun pada sesi sebelumnya, setelah prospek suram dari pembuat disk drive AS Western Digital Corp memukul sentimen. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar