Kamis, 08 September 2011

Benakat Mining, Anak Usaha BIPI Terbitkan MEB

Headline
INILAH.COM, Jakarta - PT Benakat Mining, anak usaha PT Benakat Petroleum Energy Tbk (BIPI) akan melepas sebagian saham PT Java Mitra Sentosa (JAVA) melalui mekanisme mandatory exchangable bond (MEB).

Hal itu disampaikan manajemen BIPI dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (8/9). PT Benakat Mining akan melepas 4.480 saham JAVA atau setara 64% kepemilikan di JAVA kepada pemegang mandatory exchangable bond.

Perseroan melepas unit usaha untuk fokus di bidang usaha eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi. Selain itu, pelepasan unit usaha dilakukan karena unit usaha tersebut masih belum maksimal berkontribusi kepada perseroan dan membutuhkan dana serta resiko besar untuk berinvestasi. Meski begitu, perseroan tetap mempertahankan kepemilikan minoritas untuk mengantisipasi keuntungan ke depan.

Perseroan telah menandatangani exchangable note issuance dengan PT Arwa Artha Sejahtera sebagai pembeli meb pada 26 Agustus lalu. Nilai MEB sebesar Rp975 miliar dengan bunga pinjaman 0% per tahun. Dana hasil penerbitan meb untuk pengembangan bisnis minyak dan gas bumi perseroan.

Nilai transaksi ini sebesar Rp975 miliar atau lebih kurang 28,7% dari jumlah ekuitas sehingga ini merupakan transaksi material dan harus memenuhi peraturan Bapepam dan LK No.IX.E.2. Seperti diketahui, saat ini Benakat Mining memiliki saham JAVA sebesar 91,43%. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar