Kamis, 31 Maret 2011

Tekanan Inflasi Mereda, Kepercayaan Konsumen Menguat


Jakarta - Berkurangnya kekhawatiran masyarakat terhadap tekanan inflasi membuat kepercayaan konsumen menguat kembali di Maret. Paling signifikan adalah berkurangnya kekhawatiran masyarakat terhadap kenaikan harga pangan.

Menurut survei dari Danareksa Research Institute (DRI), Kamis (31/3/2011), persentase konsumen yang merasa khawatir terhadap kenaikan harga pangan turun pada bulan Maret. Data memang menunjukkan tekanan inflasi sudah mulai berkurang seperti terlihat pada inflasi bulanan di Februari yang mencapai 0,13% (turun dari 0,89% pada bulan sebelumnya), dengan deflasi pada komponen bahan pangan sebesar 0,33%.

Hal tersebut membuat Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) meningkat kembali pada bulan Maret sebesar 6,4% menjadi 85, setelah mengalami penurunan selama 3 kali berturut-turut, .

Pada survei Maret, konsumen secara keseluruhan merasa yakin tekanan inflasi akan berkurang dalam enam bulan mendatang. Indeks yang mengukur sentimen konsumen terhadap inflasi turun sebesar 1,9% menjadi 184,8 di Maret. Ini merupakan level terendah sejak Januari 2010.
Keyakinan konsumen tersebut sebagian disebabkan oleh adanya ekspektasi penurunan harga bahan pangan karena meningkatnya jumlah pasokan bahan pangan menyusul panen raya yang dimulai pada Maret ini.

Kedua komponen utama yang membentuk IKK meningkat pada bulan Maret. Komponen yang menunjukkan keadaan saat ini, Indeks Situasi Sekarang (ISS), naik sebesar 9,7% menjadi 66,9 karena konsumen memberikan penilaian yang lebih baik terhadap keadaan ekonomi dan keadaan lapangan kerja saat ini.
Sementara itu, komponen IKK lainnya yang menunjukkan keadaan masa depan, Indeks Ekspektasi (IE), naik sebesar 4,8% menjadi 98,5. Peningkatan IE ini menunjukkan optimisme masyarakat terhadap prospek ekonomi dalam enam bulan mendatang semakin meningkat.

Dengan meningkatnya optimisme masyarakat terhadap prospek ekonomi dalam enam bulan mendatang, rencana konsumen untuk membeli barang-barang tahan lama meningkat pada bulan Maret. Berdasarkan hasil survei terakhir, konsumen yang berencana untuk membeli barang-barang tahan lama dalam 6 bulan mendatang naik dari 24,1% pada bulan Februari menjadi 27,5% pada Maret. Ini merupakan level tertinggi dalam 4 bulan terakhir.

Sementara itu, kepercayaan konsumen terhadap kemampuan pemerintah untuk melaksanakan tugas-tugasnya menguat di Maret. Indeks Kepercayaan Konsumen terhadap Pemerintah (IKKP) naik sebesar 4,99% menjadi 85,3 dari 81,3 pada di Februari.

Pada survei terakhir, semua komponen yang membentuk IKKP meningkat, kecuali komponen yang menunjukkan kemampuan pemerintah dalam menjaga keamanan (indeks yang terkait turun sebesar 1,9% menjadi 102,1). Sedangkan komponen yang mengalami peningkatan terbesar adalah komponen yang menunjukkan kemampuan pemerintah dalam menjaga stabilitas harga (indeks yang terkait naik sebesar 14,6% menjadi 64,2).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar