Sabtu, 02 Juli 2011

Harga Emas di Pasar Internasional 'Tenggelam'

Jakarta - Eksepktasi membaiknya ekonomi Eropa pasca paket penyelamatan utang di Yunani membuat emas ditinggalkan oleh investor. Para investor mulai mengembalikan uangnya ke investasi di sektor keuangan.

Hal ini membuat harga emas di pasar internasional turun 1% pada perdagangan Jumat kemarin. Membaiknya ekspektasi ekonomi ini membuat emas menjadi berkurang daya tariknya.

Harga emas di pasar komoditi AS berada di bawah tekanan setelah saham-saham di bursa Wall Street terus melanjutkan lompatan positifnya akibat membaiknya sektor manufaktur. Selain emas, harga minyak juga ikut tertekan.

"Emas tidak mendapatkan dorongan dari membaiknya gambaran ekonomi global. Saat ini emas menjadi tidak menarik lagi dibandingkan satu atau dua bulan yang lalu," ujar Analis Bill O'Neill seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (2/7/2011).

Pada perdagangan kemarin harga emas tenggelam di bawah level US$ 1.500 per ounce, turun di bawa rata-rata harganya dalam 100 hari terakhir. Harga spot emas berada di level US$ 1.478,01 per ounce atau yang terendah sejak 17 Mei.

Sementara perdagangan berjangka emas untuk pengiriman Agustus turun US$ 20,2 menjadi US$ 1.482,6 per ounce.

(dnl/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar