Rabu, 27 Juli 2011

Bahaya, Rating Surat Utang Amerika akan Turun

Bahaya, Rating Surat Utang Amerika akan Turun
INILAH.COM, Washington - Sementara ekonom percaya rating surat utang Amerika akan turun - sekalipun ada kesepakatan kenaikan batas utang - IMF memperingatkan Washington akan bahaya buruk yang diakibatkan gagalnya negara ini menambah batas utang.

Media-media Amerika melaporkan bahwa satu dari tiga lembaga pemeringkat - Standars & Poor's, Moody's dan Fitch - diduga kuat akan menurunkan tingkat rating surat utang pemerintah Amerika menjadi lebih rendah dari posisinya saat ini, AAA.

Rating AAA artinya sangat aman dengan kemungkinan gagal bayar nol persen.

Dalam pada itu, pimpinan Dana Moter Internasional (IMF) Christine Lagarde memperingatkan politisi Amerika untuk memikirkan dampak global dari kegagalan mereka dalam menaikkan pagu utang negara ini.

Tidak peduli turun (downgrade) atau gagal bayar (default), lanjut Lagarde, akibatnya akan sangat serius, tidak hanya bagi Amerika, juga bagi dunia.

Perkembangan perundingan antara kongres (Partai Republik) dengan Presiden Obama berlangsung alot dan lambat, sementara tegat waktu makin dekat, 2 Agustus 2011.

Presiden Obama minta tambahan pagu utang US$2,4 triliun untuk sekali persetujuan. Sebaliknya Partai Republik menginginkan pemberian bertahap, dimana tahap pertama cukup US$1 trilun.

Presiden Obama menilai tambahan US$! triliun itu hanya cukup untuk mengatasi masalah defisit anggaran untuk enam bulan ke depan. Jika langsung diberikan US$2,4 triliun bisa mengatasi masalah hingga 2012, saat mana Obama maju lagi di pemilu. Partai Republik tak mau memberikan keuntungan politik ini kepada saingannya.[ram]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar