Rabu, 27 Juli 2011

Pilih Saham Bank-Konsumer

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Bursa saham Indonesia pada Rabu (26/7) diperkirakan masih akan menguat, meski terbatas. Saham perbankan dan konsumer bisa jadi pilihan.

Arif Fahruri, analis dari Erdhika Elit Securities mengatakan, IHSG hari ini masih akan melanjutkan penguatan. Namun kenaikannya terbatas karena sudah disertai profit taking,"IHSH akan profit taking, setelah break new high 4128," ujarnya kepada INILAH.COM.

Aksi ambil untung ini, diperkirakan akan terjadi pada saham sektor perbankan yang sudah naik tinggi.

Menurutnya, di tengah sentimen eksternal yang mixed, IHSG masih bisa bergerak positif, ditunjang faktor domestiknya yang kuat, terutama karena antisipasi laporan keuangan kuartal kedua. "Kinerja emiten relatif solid dengan pertumbuhan di atas ekspektasi," ujarnya.

Di tengah situasi ini, Arif merekomendasikan investor masuk di saham-saham yang memiliki potensi naik. Pilihannya adalah saham sektor konsumen dan sektor perbankan.

Untuk konsumen, saham yang disarankan adalah Indofood Sukses Makmur (INDF) dan Japfa Comfeed (JPFA). Sedangkan dari sektor perbankan adalah Bank Rakyat Indonesia (BBRI) dan Bank Mandiri (BMRI)."Rekomendasi beli untuk emiten-emiten ini."

Pada perdagangan Selasa (26/7), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 45,68 poin (1,12%) ke level 4,132.777. Perdagangan didukung volume transaksi yang tercatat mencapai 8,692 miliar lembar saham, senilai Rp6,280 triliun dan frekuensi 192.132 kali.

Sebanyak 161 saham menguat, sedangkan 86 saham melemah dan 91 saham stagnan. Penguatan indeks juga diwarnai aksi beli asing yang mencatatkan transaksi nilai beli bersih (net foreign buy) sebesar Rp 81,5 miliar. Rinciannya, transaksi beli mencapai Rp1,873 miliar sedangkan transaksi jual sebesar Rp1,792 miliar. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar