Sabtu, 05 Maret 2011

IPO Notes PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS)

PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk mulai beroperasi sejak tahun 1994 dan bergerak di bidang jasa pelayaran angkutan barang-barang curah terutama batubara, transshipment dan pengoperasian pelabuhan yang menunjang jasa pelayaran.

Perseroan melakukan kontrak kerjasama dengan perusahaan-perusahaan terkemuka seperti PT Adaro Indonesia, PT Semen Gresik, PT Kaltim Prima Coal, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Holcim Indonesia Tbk dan PT Berau Coal. Kerjasama dalam bentuk kontrak jangka panjang tersebut sangat baik untuk menjaga kelangsungan usaha perseroan.

Perseroan akan menggunakan dana dari hasil IPO tersebut untuk membiayai sebagian kebutuhan dana untuk pembelian 20-30 set kapal tunda dan tongkang dan/atau floating crane. Hal tersebut akan mendukung ekspansi usaha perseroan di masa yang akan datang.

Perseroan memiliki Option Agreement dengan PT Indika Energy Tbk, sehingga setelah pelaksanaan Option Agreement tersebut PT Indika Energy Tbk akan memiliki 51% saham perseroan.

Perseroan memiliki prospek usaha yang baik dengan didukung oleh keadaan perekonomian Indonesia yang membaik, meningkatnya permintaan batubara Indonesia, dan juga dengan adanya kenaikan tingkat produksi perusahaan-perusahaan batubara. Dengan demikian, hal-hal tersebut akan berdampak positif bagi usaha perseroan.

Namun ada beberapa risiko utama yang dapat mempengaruhi jalannya usaha perseroan seperti:

  1. Risiko pengakhiran atau tidak diperpanjangnya kontrak-kontrak penyediaan jasa perseroan.
  2. Risiko kenaikan harga bahan bakar atau biaya operasional lainnya.
  3. Risiko pendapatan perseroan dan anak perusahaan yang sangat bergantung pada industri batubara nasional
  4. Pengangkutan laut sangat bergantung pada kondisi cuaca
  5. Risiko perubahan nilai tukar mata uang asing

Perseroan memiliki struktur keuangan yang baik. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya jumlah aset dan ekuitas di laporan neraca perseroan dari tahun 2005 sampai dengan laporan per September 2010.

Perhitungan rasio-rasio keuangan untuk perseroan adalah sebagai berikut:

- Net Profit Margin per 30 September 2010 adalah 28,5% dan per 31 Desember 2009, 2008 dan 2007 adalah 35,5%, 11,9% dan 21,3%.

- ROE per 31 Desember 2009, 2008 dan 2007 adalah 35,7%, 13,1% dan 30,7%.

- ROA per 31 Desember 2009, 2008 dan 2007 adalah 19,3%, 7,0% dan 16,5%.

- PER’09 adalah 10x pada harga Rp 1.500 dan 13x pada harga Rp 1.900. PER’10E adalah 12x pada harga Rp 1.500 dan 15x pada harga Rp 1.900. PER’11E adalah 8,7x pada harga Rp 1.500 dan 11,02x pada harga Rp 1.900

Perbandingan dengan perusahaan-perusahaan lain yang sejenis di industri:

- Seroja Investments Ltd (Singapura): PER’11E 38,12x

- Courage Marine Group Ltd (Singapura): PER’11E 16,97x

- Golden Ocean Group Ltd (Singapura): PER’11E 4,79x

Pendapat Kami:

MBSS merupakan perusahaan pelayaran yang telah memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun. Perseroan juga merupakan salah satu perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia. Kontrak jangka panjang yang didapat dari perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia dapat menjaga kelangsungan usaha perseroan. Option Agreement perseroan dengan PT Indika Energy Tbk akan berdampak positif terhadap perseroan secara keseluruhan. Perseroan memiliki prospek usaha yang baik di masa yang akan datang. Beberapa strategi usaha yang sedang dijalankan perseroan diharapkan dapat meminimalisasi risiko-risiko usaha yang dapat merugikan perseroan.

Kami agak kesulitan untuk mendapatkan perusahaan pembanding yang jenis usahanya sama dengan MBSS, akan tetapi MBSS lebih mirip dengan perusahaan Courage Marine Group Ltd dari Singapura. Dengan menggunakan PER’11E 8,7x-11,02x pada rentang harga yang ditawarkan Rp 1.500-Rp 1.900, kami menilai valuasi perseroan tersebut lebih murah dibandingkan dengan valuasi Courage Marine Group Ltd tersebut.

DISCLAIMER :

This material is issued by PT Sinarmas Sekuritas, a member of the Jakarta and Surabaya Stock Exchanges, represent the opinion of PT Sinarmas Sekuritas, derived its judgment from sources deemed reliable, however, PT Sinarmas Sekuritas and its affiliated cannot guarantee its accuracy and completeness. PT Sinarmas Sekuritas or its affiliates may be involved in transactions contrary to any opinion herein or have positions in the securities recommended herein and may seek or will seek investment banking or other business relationships with the companies in this material. PT Sinarmas Sekuritas, its employees and its affiliates, expressly disclaim any and all liability for representation or warranties, expressed or implied, here in or omission there from or for any loss how so ever arising from any use of this material or its contents or otherwise arising in connection there with. Opinion expressed in this material are our present view and are subject to change without notice.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar