Jumat, 22 April 2011

JPMorgan Chase Sepakat Bayar USD800 Juta ke Lehman

Lehman Brothers. Foto: AFP
NEW YORK - Perbankan raksasa asal Amerika serikat (AS) JPMorgan Chase setuju untuk membayar sekira USD800 juta, guna menyelesaikan klaim perusahaan yang bangkrut besar di Wall Street, Lehman Brothers pada 2008.

Wali amanat untuk Lehman Brothers, James Giddens, mengungkapkan bila dana perusahaan dan perusahaan Sekuritas akan membantu menutupi beberapa kerugian tersebut yang sempat membuat geger dan menjadi titik kunci dalam krisis keuangan global.

"Ini adalah tonggak sejarah. Perjanjian akan meningkatkan dana yang dimiliki oleh LBI Estate tersedia untuk didistribusikan ke pelanggan umum LBI lebih dari USD800 juta dalam bentuk tunai dan surat berharga," kata Giddens, dilansir dari AFP, Jumat (22/4/2011).

Dia mengatakan, bila kesepakatan tersebut terjadi setelah kedua belah pihak bekerja sama dan bahu membahu melalui masalah yang kompleks dan sulit ini.

Sekadar informasi, Lehman kolaps pada September 2008 yang menandai kebangkrutan terbesar dalam sejarah. Sehingga memicu keterkejutan pada sistem keuangan dan mau tak mau menyeret perekonomian global ke dalam resesi.

Adapun klaim dari kreditur diyakini sebesar USD875 miliar, namun banyak yang akan dihapuskan di bawah reorganisasi. Sebagian besar aset Lehman pun diakuisisi oleh bank asal Inggris, Barclays sebesar USD250 juta. Pihak JPMorgan Chase mengaku penyelesaian masalah ini tidak akan mempengaruhi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar