Selasa, 14 Februari 2012

Langkah Moody's menyebabkan bursa Asia memerah

Langkah Moody's menyebabkan bursa Asia memerah
TOKYO. Mayoritas saham yang ditransaksikan pada bursa Asia mencatatkan penurunan pagi ini. Pada pukul 09.12 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,2% menjadi 125,59. Kemarin, indeks acuan di kawasan regional ini naik 0,7%. Sembilan dari sepuluh sektor yang tergabung dalam indeks memerah.

Sementara itu, saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Sony Corp yang turun 1,3% di Tokyo, BHP Billiton Ltd turun 0,7% di Sydney, dan Macquarie Group Ltd yang turun 1% di Sydney.

Aksi jual yang melanda bursa Asia terjadi setelah Moody's Investors Service memangkas peringkat utang enam negara Eropa. Termasuk di dalamnya Italia dan Portugal. Perusahaan pemeringkat global ini juga merevisi outlook atas peringkat utang Aaa milik Inggris dan Prancis menjadi negatif. Alasannya adalah krisis utang Eropa masih jauh dari kata selesai.

"Moody's memangkas peringkat utang sejumlah negara Eropa. Realita ini sebenarnya sudah menjadi pembicaraan yang cukup lama dan bukan hal yang mengejutkan. Namun, sudah pasti akan mendapat reaksi negatif di pasar saham," jelas Shane Oliver, head of investment strategy AMP Capital Investors Ltd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar