Selasa, 13 Maret 2012

Dilanda aksi jual, indeks emerging market turun 1%

Dilanda aksi jual, indeks emerging market turun 1%
NEW YORK. Bursa saham emerging market membukukan penurunan terbesar dalam sepekan terakhir tadi malam. Pada penutupan pasar pukul 16.00 di New York, indeks MSCI Emerging Markets turun 0,9% menjadi 1.050,50.

Sejumlah indeks acuan memerah. Hang Seng China Enterprises Index turun 0,3%, ISE National 100 Index Turki turun 0,5%, Shanghai Composite Index China turun 0,2%, Bovespa Index Brazil turun 0,5%, dan indeks Taiex turun 1,1%. Sedangkan indeks BSE India Sensitive India berhasil naik 0,5%.

Sedangkan saham-saham yang pergerakannya turut mempengaruhi bursa emerging market adalah Brasileira de Distribuicao Grupo Pao de Acucar yang memimpin penurunan pada indeks Bovespa Brazil dan LG Chem Ltd yang turun 3,5% di Seoul.

Salah satu faktor aksi jual bursa emerging market adalah data perdagangan dan ritel China yang melorot. Hal itu memberikan sinyal bahwa ada perlambatan pada perekonomian global.

"Tingkat permintaan global menurun. Sementara, China merupakan salah satu negara ekspor utama dunia. Sudah pasti perekonomian China akan terkena dampak penurunan permintaan global secara umum," jelas Daniel Lenz, chief emerging market strategist DZ Bank AG di Frankfurt. Kendati begitu, jika dibandingkan dengan negara lain, ekonomi China tumbuh cukup pesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar