Kamis, 01 Maret 2012

Wah, penurunan bursa Asia terbesar dalam 2 pekan

Wah, penurunan bursa Asia terbesar dalam 2 pekan
TOKYO. Mayoritas saham yang ditransaksikan di bursa Asia meluruh sore ini. Pada pukul 16.03 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,9% menjadi 127,77. Ini merupakan penurunan terbesar dalam dua pekan terakhir.
Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang turun 0,2%, indeks S&P/ASX 200 Australia turun 1%, dan indeks Hang Seng Hong Kong turun 1,2%. Sedangkan pasar saham Korea Selatan ditutup karena libur nasional.
Aksi jual yang melanda bursa Asia hari ini seiring merosotnya saham-saham berbasis komoditas. Selain itu, saham pengembang properti di China juga melorot setelah harga rumah mencatatkan penurunan.
Sejumlah saham yang pergerakannya turut mempengaruhi bursa Asia antara lain: BHP Billiton Ltd yang turun 1,5% di Sydney, China Overseas Land & Investment Ltd turun 5,5% di Hong Kong, serta Country Garden Holdings Company Ltd merosot 8,6% di Sydney.

"Situasi likuiditas tidak terlalu optimistis. Itu artinya, perekonomian belum menyentuh dasarnya. Faktor-faktor negatif yang ada menyebabkan investor meragukan kenaikan pasar saham," jelas Wang Zheng, chief investment Management Co di Shanghai.

Kemarin, bursa Asia memasuki pasar bullish, karena meroket 20% lebih dari level terendah pada 5 Oktober lalu. Penyebabnya, bank sentral di AS, Eropa, China, dan Jepang melonggarkan kebijakan moneternya sehingga mendorong reli harga saham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar