Rabu, 04 April 2012

Respons FOMC, Rupiah Bakal Fluktuatif-naik

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot valas antar bank Jakarta, Rabu (4/4/2012) diprediksi fluktuatif cenderung menguat. Hasil FOMC The Fed dini hari tadi jadi katalisnya.

Analis senior Monex Investindo Futures Daru Wibisono mengatakan, rupiah berpeluang fluktuatif cenderung menguat. Sebab, pasar merespons Federal Open Market Committee (FOMC) Rabu (4/4/2012) dinihari tadi. Pertemuan itu memberikan gambaran tentang voting The Fed yang dilakukan pada 13 Maret 2012.

Menurutnya, pasar sudah mendapat jawaban atas pertanyaan apakah mutlak semua anggota dewan gubernur The Fed setuju dipertahankannya suku bunga rendah di level 0-0,25%. "Karena itu, rupiah berpeluang fluktuatif dengan kecenderungan menguat dalam kisaran 9.100-9.150 per dolar AS,” katanya kepada INILAH.COM.

Selain itu, lanjutnya, dini hari tadi juga ada tambahan statemen dari Fed. "Itu yang memberikan gambaran untuk Quantitative Easing (QE) dari The Fed selanjutnya," timpalnya.

Memang, kata dia, berdasarkan data-data AS yang dirilis dan pernyataan dari Gubernur The Fed Ben Bernanke yang terakhir, sudah diprediksi Quantitative Easing masih akan diundur terlebih dahulu. "Sebab, data-data ekonomi AS belakangan ini sudah membaik," paparnya.

Karena itu, tidak perlu ada stimulus lanjutan. Masalahnya, Gubernur The Fed sudah memberikan sinyal QE lanjutan sehingga dolar AS akan melemah dan rupiah akan terangkat hari ini.

Pada saat yang sama, Fed juga memaparkan soal prospek pertumbuhan ekonomi AS. Dari data fundamental, hari ini AS akan merilis data ADP Employment yang akan berkontribusi pada data nonfarm payrolls AS pada Jumat (6/4).

Angkanya, kata dia, sudah diperkirkan melandai jadi 200 ribu dari sebelumnya 216. Ini jadi sentimen negatif bagi dolar AS dan akan mendongrak rupiah. "Tapi, rupiah akan fluktuatif, selain karena faktor profit taking juga dipicu oleh antisipasi pasar atas libur hari wafat Isa Al-Masih pada Jumat (6/4)," imbuh Daru.

Asal tahu saja, kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot valas antar bank Jakarta, Selasa (3/4/2012) ditutup menguat 15 poin (0,16%) ke angka 9.125/9.135.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar