Rabu, 28 Desember 2011

Profesor Harvard & eks Pejabat Kemenkeu Jadi Calon Petinggi Fed

Washington - Presiden AS Barack Obama menominasikan profesor Harvard dan mantan pejabat Kementerian Keuangan AS untuk menjadi anggota Dewan Gubernur Bank Sentral AS. Dua nama itu diajukan setelah calon-calon sebelumnya ditolak partai Republik.

Dua calon tersebut adalah Profesor Jeremy Stein yang merupakan ahli dalam pergerakan pasar saham, manajemen risiko dan perbankan. Calon lainnya adalah Jerome Powell, mantan petinggi Kementerian Keuangan di era pemerintahan Presiden George H.W. Bush.

"Latar belakang mereka yang jelas dan pengalaman, digabungkan dengan pengetahuan ekonomi dan kebijakan moneter yang mengesankan membuat mereka sangat kometen untuk memainkan peranan yang penting ini," jelas Obama dalam pernyataannya seperti dikutip dari AFP, Rabu (28/12/2011).

Jika Senat AS menyetujui nominasi ini, maka mereka akan mengisi dua dari 7 posisi Dewan Gubernur Bank Sentral AS yang saat ini kosong. Mengisi dua posisi yang lowong menjadi tantangan tersendiri bagi Obama. Pada Juni lalu, Senat menolak pengajuan pemenang Nobel Peter Diamond karena dianggap tidak cukup pengalaman atau kebijakan.

Menurut para ahli, dua calon ini cukup adil karena terdiri dari 1 orang Demokrat dan 1 orang Republik. Stein telah bekerja pada pemerintahan Obama selama 6 bulan di tahun 2009 sebagai anggota Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih dan penasihat Kementerian Keuangan. Ia mengajar keuangan di Harvard dan sebelumnya bekerja di Massachusetts Institute of Technology Sloan School of Management. Stein juga merupakan anggota Financial Advisory Roundtable Bank Sentral New York.

Sementara Powell akan menjadi satu-satunya anggota Dewan Gubernur Bank Sentral AS dengan pengalaman bekerja di Wall Street. Ia sebelumnya adala pengacara dan bankir investasi di New York sebelum akhirnya bergabung dengan kementerian keuangan. Ia sebelumnya merupakan partner dari Carlyle Group, perusahaan investasi swasta yang berkaitan dengan pemerintahan Presiden Bush.

(qom/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar