Rabu, 28 Desember 2011

Isu Iran Paksa Bursa Eropa Bergerak Tipis

Headline
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa cenderung melemah pada perdagangan Rabu (28/12) dengan kekhawatiran terhadap ancaman Iran untuk menghentikan pasokan minyak yang melalui Selat Hormuz.

Indeks FTSE naik 0,02% ke 5.514, indeks CAC turun 0,03% ke 3.102 dan indeks DAX turun 0,4% ke 5.861. Untuk indeks saham bluechip naik 0,1%. Demikian mengutip yahoofinance.com.

Meskipun menerima kebijakan baru dengan injeksi likuiditas besar-besaran oleh Bank Sentral Eropa (ECB) tetapi indeks saham sektor bank turun 0,6%. Sebab sesama bank tidak ada saling kepercayaan sehingga mereka memilih instrumen deposito di fasiltias seperti di ECB dari pada meminjamkan satu sama lain.

"Ini soal keengganan bank yang harus meminjamkan satu sama lain. Mereka lebih memilih menahan dana dari pada masuk dalam pasar antar bank," kata Chriss Weston, dari IG Markets.

Sementara bursa saham Asia mayoritas juga melemah seperti indeks Hang Seng turun 0,7%, indeks Shanghai turun 0,3%, indeks Nikkei turun 0,2%, indeks Kospi turun 0,9%, indeks STI turun 0,2%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar