Rabu, 22 Februari 2012

Bursa Jepang bergerak liar tersulut harga minyak

Bursa Jepang bergerak liar tersulut harga minyak
TOKYO. Lonjakan harga minyak mentah memicu bursa saham Jepang bergerak liar di zona merah dan hijau. Indeks Nikkei 225 hanya bergerak tipis ke level 9.462,54 pada pukul 10.14 di Tokto. Sementara, indeks Topix reli tipis 0,1% ke posisi 817,34, setelah di awal perdagangan sempat tergelincir 0,1%.

Harga minyak yang menyentuh level tertinggi dalam sembilan bulan memicu jatuhnya saham-saham produsen ban, seperti saham Bridgestone Corp. yang tumbang 2,2%. Namun, saham-saham sektor energi menangguk keuntungan dari lonjakan harga minyak, seperti saham Inpex Corp. yang menguat 2,1%.

Kemarin, harga minyak WTI untuk pengiriman Maret melejit 2,5% ke level US$ 105,84 per barel di New York. Ini level pengiriman tertinggi sejak 4 Mei lalu. Selain itu, investor menilai bailout Yunani tidak akan bisa menyelesaikan persoalan krisis utang Eropa.

"Ketidakpastian pada perekonomian global mulai memudar. Namun, masih ada sentimen yang menilai pasar sudah terlalu panas (overheating), karena kenaikan yang pesat," ujar Hiroichi Nishi, manajer ekuitas di SMBC Nikko Securities Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar