Rabu, 22 Februari 2012

Isu utang belum tuntas, gerak bursa Eropa terbatas

Isu utang belum tuntas, gerak bursa Eropa terbatas
LONDON. Awan hitam yang masih menggelayut di kawasan Eropa menyebabkan bursa saham di benua biru itu bergerak terbatas, hari ini. Pada pukul 8.03 pagi di London, indeks acuan Eropa Stoxx 600 naik tipis 0,1% ke level 267,15.
Sementara itu, indeks Stoxx 50 melemah tipis 0,05%, lalu indeks DAX tergelincir 0,09%. Namun, indeks FTSE 100 masih reli tipis 0,04%.

Pasar khawatir bailout kedua untuk Yunani tidak akan bisa menyelesaikan persoalan krisis utang di kawasan Eropa. Sentimen ini pun tarik-menarik dengan rumor positif, berupa pertumbuhan manufaktur di China.

Awal pekan ini, Menteri keuangan Uni Eropa telah menyetujui paket bantuan senilai 130 miliar euro untuk Yunani. Namun, Deputi Gubernur Bank of England Charlie Bean menilai, bailout tersebut kemungkinan tidak cukup untuk mengakhiri krisis utang.

"Persetujuan bailout Yunani masih menyisakan persoalan di benak investor. Ada kekhawatiran Yunani tidak akan dapat memenuhi kewajibannya," kata John Plassard, Direktur di Louis Capital Markets SA, di Jenewa.

Saham perbankan terbesar di Prancis, yaitu BNP Paribas SA tercatat naik 1%, setelah disebutkan akan menjual 51% sahamnya di Klepierre SA. Sedangkan, saham Straumann Holding AG terpangkas 0,6%, setelah labanya lebih rendah dari perkiraan analis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar