Rabu, 14 Maret 2012

Angin segar dari AS bikin bursa Eropa menghijau

Angin segar dari AS bikin bursa Eropa menghijau
LONDON. Katalis positif dari AS pun ikut mendongkrak bursa Eropa. Pasar saham di benua biru itu lanjut reli untuk hari kedua. Kenaikan hari ini bahkan membawa indeks acuan saham di benua biru hampir menyentuh level tertinggi delapan bulan. Eropa Stoxx 600 Index naik 0,5% menjadi 270,95 pada pukul 8.10 waktu London.
Sementara itu, indeks Stoxx 50 naik 0,71%, lalu indeks FTSE 100 menguat 0,32%, dan indeks DAX reli 0,69%. Pasar saham optimis, setelah Federal Reserves menaikkan penilaian terhadap perekonomian AS.
Kemarin, The Federal Open Market Committee (FOMC) menyebut, gejolak di pasar keuangan global telah mereda dan pasar tenaga kerja mulai menunjukkan pemulihan. Pada saat yang sama, The Fed menyebut, tingkat pengangguran masih tinggi, dan risiko penurunan yang signifikan tetap ada. Tak heran, Ketua Federal Reserve Ben S. Bernanke tetap berencana mempertahankan suku bunga di dekat nol setidaknya hingga 2014.

"Kami sekarang punya pemahaman yang lebih jelas bagaimana posisi The Fed. Apa yang bisa lebih baik dari pertumbuhan ekonomi yang jelas, dengan tingkat bunga rendah?" ujar Chris Weston, trader di IG Markets, Melbourne.

Selain itu, pasar saham kian optimis lantaran sentimen yang muncul dari Eropa juga positif. Peringkat utang Yunani diangkat keluar dari kategori default oleh Fitch Ratings. Ini lantaran optimisme restrukturisasi utang akan mengurangi risiko gagal bayar Yunani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar