Senin, 12 Maret 2012

Sepanjang minggu lalu, bursa Asia terpangkas 1%

Sepanjang minggu lalu, bursa Asia terpangkas 1%
SINGAPURA. Sepanjang pekan lalu, mayoritas indeks acuan di kawasan regional mencatatkan penurunan. Jika dihitung, indeks MSCI Asia Pacific turun 1% menjadi 126,90 pada pekan ini.

Sebagai perbandingan, indeks MSCI All Country World Index sudah naik 91% dari posisi terendah terendah pada 9 Maret 2009 lalu.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,6%. Sedangkan Shanghai Composite Index turun 0,9%, indeks Kospi Korea Selatan turun 0,8%, dan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 1,4%.

Aksi jual saham-saham berkapitalisasi besar menyeret indeks ke zona merah. Beberapa di antaranya yakni Industrial & Commercial Bank of China yang turun 5,7% di Hong Kong, Agile Property Holdings Ltd turun 11%, Rio Tinto Group turun 2,7% di Sydney, dan Nintendo Co turun 11% di sepanjang minggu lalu.

Sejumlah faktor disinyalir mempengaruhi pergerakan bursa Asia. Salah satunya adalah China memangkas target pertumbuhan ekpnominya. Selain itu, ada pula sentimen debt swap Yunani yang menjadi kunci dalam penanganan krisis utang di Eropa.

"Perekonomian Asia lebih moderat saat ini. Sementara itu, guncangan risiko finansial di Eropa sudah mulai mereda. Namun, Eropa masih akan mengalami resesi hebat. Di sisi lain, Eropa merupakan pangsa terbesar bagi China. Hal ini yang akan mempengaruhi ekonomi China," jelas Andrew Pease, chief Asia Pacific Investment strategist Russell Investment Group.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar