Rabu, 23 Februari 2011

Anak Usaha BLTA Bakal IPO Maret Senilai US$ 140 Juta


Jakarta - Salah satu anak usaha PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLTA) yaitu PT Buana Listya Tama siap menawarkan saham perdana ke publik (IPO/Initial Public Offering) di Maret 2011. Dana yang dapat diincar dari IPO ini mencapai US$ 140 juta.

Menurut Direktur Keuangan PT Berlian Laju Tanker Tbk (BLTA) Kevin Wong, hasil IPO anak usaha akan digunakan untuk pengembangan usaha. Khususnya dalam sektor transportasi energi.

Perseroan telah mempercayakan PT Danatama Makmur serta beberapa underwriter asing sebagai penjamin emisi efek penawaran umum saham perdana Buana Listya Tama. Pencatatan saham perdana diperkirakan berlangsung pada Maret 2011.

"Kita akan kembangkan pasar dalam negeri untuk sektor transportasi energi. Sekitar 90%-98% anak usaha kita akan fokus ke energi," katanya dalam analis meeting di Jakarta, Rabu (23/2/2011).

Selain itu, Kevin menambahkan pengembangan usaha jasa tanker kimia akan ditingkatkan di 2011. Caranya dengan didatangkannya tiga kapal tanker kimia senilai US$ 120 juta pada pertengahan tahun ini.

Pembelian 3 kapal tanker kimia, sebanyak US$ 70 juta didapat dari dana pinjaman dari enam bank asing, DnB NOR Bank ASA cabang Singapura (DNB), Nordea Bank Finland Plc cabang Singapura, Bank Standard Chartered )SCB), ING Bank NV cabang Singapura, NIBC Bank LTd, BNP Paribas cabang Singapura, dengan total nilai kredit US$ 685 juta.

Secara industri, pertumbuhan kapal tanker kimia akan meningkat sebesar 8% di 2011. Hal ini didorong oleh pertumbuhan ekonomi dunia yang mencapai 4% sepanjang tahun itu.

"Rata-rata pertumbuhan permintaan kapal tanker kimia dunia dua kali lipat ekonomi dunia," tutur Kevin.

Selain mendatangkan tiga kapal tanker kimia, BLTA siap menambah kapal tanker gas seharga US$ 20-25 juta.

Kini BLTA mempunyai 96 kapal dengan kapasitas 2,4 juta dwt, dengan rata-rata usia sekitar 8 tahun. Sebagian besar kapal masuk pada jenis tanker kimia. Sisanya, terbagi untuk kapal tanker minyak, FSO, dan gas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar