Selasa, 01 Maret 2011

Timteng Kisruh, Anak Usaha Medco Tunda Ekspansi


Jakarta - Krisis politik yang terjadi di Timur Tengah membuat satu anak usaha Medco Energi, yakni PT Exspan Petrogas Intranusa (EPI) menunda rencana ekspansinya ke wilayah tersebut.

Tadinya, Exspan Petrogas berminat merambah pasar jasa well services di kawasan Timur Tengah seperti Yaman, Libya, serta Oman.

Demikian disampaikan oleh Aditya Mandala, selaku Direktur utama EPI dalam siaran persnya yang diterima detikFinance, Jakarta (1/3/2011).

"Rencana melakuka ekspansi kami tunda sampai batas waktu yang belum ditentukan mengingat situasi politik akhir-akhir ini di kawasan Timur Tengah yang tidak menentu," kata Aditya.

Seperti diketahui, sebelumnya EPI pernah bekerja untuk jasa pengembangan sumur di Irak dan Myanmar. Kemudian di 2011 pihak EPI berencana untuk memulai kegiatan di lapangan Medco energy yang ada di Blok 82 dan 83 Yemen.

"Tapi apa boleh buat, karena situasi politik yag kurang mendukung di sana, rencana ini tertunda sementara," ungkap Aditya.

Menurut Aditya, bentuk jasa yang ditawarkan EPI bersiat integrated services untuk semua kegiatan jasa pengeboran dan pengembangan sumur minyak yang dapat memudahkan bagi perusahaan migas.

"PT EPI belum sekelas Schlumberger yang merupakan perusahaan services di bidang perminyakan besar. Tapi kami punya visi dan misi ke arah yang sama melalui optimalisasi kemampuan para insinyur asal Indonesia dan ada standar keselamatan kerja atau safety yang tinggi,” katanya.

Ditambahkan pula oleh Aditya, bahwa ejauh ini pihaknya memiliki 5 buah rig WOWS dengan kapasitas 350 HP-450 HP. Di mana itu berfungsi untuk pengeboran dan perawatan sumur minyak.

"Tahun depan, direncanakan akan ditambah investasi satu rig lagi serta beberapa alat pendukung seharga US$ 7 juta. Investasi baru ini untuk mencapai target pertumbuhan revenue (pendapatan) sebesar 15%," ujar Aditya.

Kelima rig yang sudah dimiliki Epi tersebut saat ini bekerja di ladang minyak milik Pertamina dan Medco E&P yang berlokasi di Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, dan regional Jawa. Selain layani jasa Work Over Well Service, Slickline, Perforating, Mud Services, dan Eletric Wireline Logging (EWL), pihaknya juga mengerjakan kegiatan processing data seismic 2D dan 3D guna melengkapi keakuratan ata interpretasi menemukan cadangan minyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar