Rabu, 29 Juni 2011

Optimisme bailout Yunani mendongkrak bursa saham AS

Optimisme bailout Yunani mendongkrak bursa saham AS
NEW YORK. Optimisme Eropa akan mengambil tindakan untuk mencegah default Yunani mengangkat bursa saham Amerika Serikat (AS). Alhasil, indeks Standard & Poor's 500 melejit ke level tertinggi tiga pekan, setelah naik 1,3% ke 1.296,77, pada pukul 4 sore di New York. Sementara, indeks Dow Jones Industrial Average reli 1,2% ke 12.188,69, pada hari ini.

Saham global reli setelah dua sumber yang mengetahui tentang bailout Yunani menyebut bank dan asuransi terbesar Jerman akan bertemu dengan Menteri Keuangan di Berlin, besok. Mereka berusaha mencapai kesepakatan untuk berkontribusi dalam pemberian paket bantuan kepada Yunani.

Bank Jerman dan Perancis merupakan pemegang terbesar surat utang Yunani. Partisipasi mereka dalam rencana bailout adalah kunci untuk persetujuan bailout setidaknya senilai 30 miliar euro. Manajer perdagangan Direct Access Partners LLC Mike Shea menyebut, pasar sedang mencari kejelasan. "Tidak ada yang berekspektasi solusi permanen sekarang, tapi jika bank Jerman sejalan dengan rencana Perancis, menjadi sinyal lebih terbukanya solusi bantuan untuk Yunani," ujarnya.

Selain itu, penguatan bursa AS juga ditopang sentimen positif pada beberapa emiten. Saham Nike Inc. melesat 10% setelah perusahaan ini menyebut penjualan di Amerika Utara yang lebih besar mendongkrak proyeksi keuntungan perusahaan. Chief Executive Officer Mark Parker telah meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya pemasaran sejak tahun lalu ketika Nike dipromosikan dalam Piala Dunia.

Kepala investasi Citizens Business Bank Sean Kraus menyebut, reli ini merupakan kelanjutan dari cerita pertumbuhan global. Menurutnya, ada kelegaan di Yunani, dan investor juga melihat pada kinerja Nike. "Kinerja Nike sangat baik, dan memberi kejutan di pasar," sebutnya.

Sementara, CEO Palisade Capital Management LLC Dan Veru menambahkan, saat ini memasuki musim laporan keuangan, yang diekspektasikan bakal bagus. "Sentimen ini menggiring pasar saham akan membaik, sebab kinerja perusahaan AS sangat bagus," imbuhnya.

Saham lain yang juga menopang bursa, seperti Caterpillar Inc, Exxon Mobil Corp., dan Alcoa Inc. yang setidaknya menguat 2,1%. Saham Home Depot Inc. naik 2,4% setelah emiten ini menargetkan pembelian kembali saham sekitar US$ 3,5 miliar di tahun ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar