Kamis, 08 Desember 2011

Kontrak emas naik untuk pertama kali dalam tiga hari

Kontrak emas naik untuk pertama kali dalam tiga hari
LONDON. Emas berjangka naik untuk pertama kali dalam tiga hari terakhir. Reli harga emas dipicu meningkatnya kekhawatiran bahwa para pemimpin Eropa tidak akan bisa menyepakati langkah-langkah untuk membendung krisis utang. Situasi ini berpotensi meningkatkan permintaan emas sebagai safe haven.

Seorang pejabat pemerintah Jerman menyatakan, pesimis terhadap hasil pertemuan Uni Eropa yang mulai digelar besok untuk memecahkan masalah krisis. Dia juga menyebut, Jerman menolak proposal untuk menggabungkan dana penyelamatan Euro saat ini dengan dana permanen.

Bill O’Neill, partner di Logic Advisors menilai, ada beberapa kekhawatiran terkait apa yang akan terjadi di Eropa. “Ini adalah kondisi di mana peran emas sebagai mata uang utama di saat pasar mencoba melindungi investasinya," ujarnya.

Kontrak emas berjangka untuk pengiriman Februari reli 0,8% ke level US$ 1.744,80 per ons troy pada pukul 13.46 di Comex, New York. Pada perdagangan di pasar Asia, kontrak yang sama bergulir tipis ke US$ 1.746 per ons troy hingga pukul 7.02 pagi waktu Singapura.

Sebagai catatan, tahun ini, harga emas sudah naik sebesar 23%. Laju harga emas terutama disebabkan Federal Reserve mempertahankan suku bunga acuan pada rekor rendah. Hal ini memicu permintaan terhadap logam mulia sebagai lindung nilai inflasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar