Jumat, 13 Januari 2012

Lelang obligasi Spanyol sukses, euro tampil perkasa

Lelang obligasi Spanyol sukses, euro tampil perkasa
NEW YORK. Pergerakan euro pagi ini menyentuh level paling perkasa dalam satu minggu terakhir versus dollar AS. Pada pukul 17.00 waktu New York, euro menguat 0,8% menjadi US$ 1,2814. Pada transaksi sebelumnya, mata uang bersama 27 negara ini menyentuh posisi US$ 1,2845, yang merupakan level tertinggi sejak 5 Januari lalu. Kemarin, euro jatuh ke posisi US$ 1,2662 yang merupakan level terendah sejak September 2010.

Sementara itu, jika berhadapan dengan yen, euro menguat 0,7% menjadi 98,36 yen. Euro juga sempat ditransaksikan menguat 0,9% atas yen. Sedangkan nilai tukar dollar melemah 0,1% menjadi 76,76 yen.

Euro perkasa setelah Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan, pemerintah berhasil mengatasi kekurangan kredit dan Spanyol berhasil menjual obligasi dua kali lebih tinggi dari target maksimum yang ditetapkan pada lelang kemarin.

"Setiap kabar baik dari zona euro akan menjadi pemicu bagi trader untuk mengambil posisi jangka pendek. Pasar akan fokus pada komentar positif mengenai perekonomian Eropa. Lelang obligasi Spanyol sangat baik sekali," jelas Mamoru Arai, foreign-exchange manager Mizuho Financial Group Inc di New York.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar