Jumat, 23 September 2011

G20 Sepakat Lindungi Pasar Finansial

Washington - Negara-negara yang tergabung dalam G20 sepakat untuk melindungi stabilitas pasar finansial dan bank-bank sentral siap untuk menyediakan likuiditas yang dibutuhkan perbankan.

"Kami berkomitmen untuk mengambil semua langkah yang penting guna melindungi stabilitas sistem perbankan dan pasar finansial seperti yang dibutuhkan," ujar para pejabat G20 dalam kesepakatannya setelah pertemuan membahas krisis utang Eropa, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (23/9/2011).

Para menteri keuangan dan pemimpin bank sentral G20 dalam pernyataan bersamanya akan melakukan respons yang kuat dan berkoordinasi internasional untuk menghadapi tantangan baru yang dihadapi perekonomian global.

Mereka juga mencatat adanya risiko penurunan yang semakin berat dari tekanan kredit sovereign, kerentanan sistem finansial, turbulensi pasar, pertumbuhan ekonomi yang lemah, dan tingginya tingkat pengangguran yang tidak bisa diterima.

"Ini memerlukan rencana aksi yang kolektif dan berani, dan setiap orang melaksanakan bagiannya," ujar G20 dalam pernyataannya tersebut.

Rencana aksi itu akan disiapkan pada pertemuan pemimpin G20 di Cannes, Prancis pada 3-4 November mendatang.
(qom/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar